Misteri Harta Karun Terbesar Dalam Sejarah Manusia (Bagian 2)

Misteri Harta Karun Terbesar Dalam Sejarah Manusia

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Misteri Harta Karun Terbesar Dalam Sejarah Manusia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Solomon Treasure, Jerusalem

Artefak-artefak suci dijarah oleh bangsa Romawi dari Kuil Yerusalem dan dicurigai disembunyikan di Roma. Artefak-artefak itu dianggap sebagai harta karun terbesar, seperti sangkakala perak, terompet, lilin emas, dll.

Setelah satu dekade, arkeolog bernama Dr. Kensley merekontruksi rute harta karun itu untuk pertama kalinya. Menurutnya, harta itu telah meniggalkan Roma pada abad ke 5 menuju Kartago, Konstantinopel, dan Aljazair, sebelum tujuan akhirnya di padang gurun Yudea.

Blackbeard’s Treasure, Karibia

Si Jenggot Hitam alias Blackbeard adalah perompak atau bajak laut terkenal. Ketika Spanyol sedang sibuk mencari emas dan perak di kawasan Mexico dan Amerika Selatan, Blackbeard dan komplotannya menunggu dengan sabar, dan kemudian merompak kapal-kapal yang membawa emas dan perak tersebut di saat mereka kembali ke Spanyol.

Blackbeard dikenal sebagai perompak kejam yang pintar mengambil keuntungan. Wilayah operasinya di sekitar Hindia Barat dan pantai Atlantik di Amerika Utara, dengan markas utamanya di kepulauan Bahama dan Carolina Utara.

Riwayatnya tamat di bulan November 1718, saat Letnan Inggris, Robert Maynard, berhasil menangkapnya serta menggantungnya. Namun, harta jarahannya tidak diketemukan hingga sekarang.

The Lost City, Atlantis

Google Earth telah menemukan Kota yang Hilang, Atlantis. Kota itu berada di sekitar 620 mil lepas pantai barat laut Afrika, di dekat Kepulauan Canary di Samudera Atlantik.

Menurut filsuf Yunani, Atlantis adalah kota yang sangat maju, berada di sebuah pulau sekitar 9.000 tahun yang lalu. Wilayahnya meliputi Asia sampai Libya, dengan istana-istana mewah, berlimpah emas dan perak, dan merupakan tempat yang tanah dan iklimnya terbaik di dunia.

Tapi kemudian, Plato menulis, Atlantis dikalahkan dalam perang oleh suku-suku lain. Dan kota itu pun tenggelam bersama harta di dalamnya.

The Amber Room, Rusia

Digambarkan sebagai keajaiban dunia ke-8 oleh orang-orang yang pernah melihatnya, Amber Room merupakan harta karun paling unik sepanjang sejarah.

Amber Room adalah sebuah ruangan berukuran 11 kaki persegi, terdiri dari panel-panel dinding berukuran besar yang bertatahkan beberapa ton batu Amber luar biasa, cermin-cermin besar yang di sisi-sisinya terdapat dedaunan terbuat dari emas, serta empat buah mozaik Florentine yang luar biasa indahnya.

Tersusun dalam 3 tingkat, ruangan tersebut bertatahkan permata-permata yang tak ternilai harganya. Di dalamnya tersimpan berbagai koleksi benda seni buatan Prusia dan Rusia yang paling berharga.

Dibuat oleh Raja Friedrich I dari Prusia untuk diberikan kepada Czar Rusia, Peter yang Agung, pada tahun 1716. Amber Room terletak di Istana Katherine, dekat St. Petersburg. Saat ini mungkin nilai harta di ruangan itu lebih dari US$142 juta (lebih dari Rp1,5 triliun).

Saat Hitler dengan Nazi-nya menyerang Rusia, mereka merebut Amber Room dan memindahkannya ke Istana Königsberg selama masa perang. Ketika Königsberg menyerah pada April 1945, Amber Room menghilang, dan sampai sekarang tak pernah ditemukan kembali.

Baca juga: Kisah Lemuria, Bangsa Maju di Zaman Kuno yang Kini Musnah 

Related

Mistery 7857576153740266255

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item