Misteri Liliput, Manusia-manusia Kerdil yang Hidup di Dalam Bumi

Misteri Liliput, Manusia-manusia Kerdil yang Hidup di Bumi

Naviri Magazine - Kita sering mendengar kisah tentang para raksasa, yaitu makhluk-makhluk yang ukurannya jauh lebih besar dibanding manusia normal. Seiring dengan itu, kita juga kerap mendengar kisah tentang liliput, yaitu makhluk-makhluk kecil atau kerdil yang ukurannya jauh lebih kecil daripada manusia normal.

Ada beberapa penemuan arkeologis yang menyebut bahwa raksasa maupun liliput kemungkinan memang pernah menghuni bumi, tapi belum ada kepastian yang bisa dibuktikan.

Ihwal mengenai liliput pertama kali muncul dalam Catatan Taiping Guangji dari era Dinasti Sung (960 - 1279 M), bab 480 dan 482. Di antaranya berisi tentang orang-orang bertinggi badan 3 inci (7,62 cm), namun mampu berjalan dengan kecepatan tinggi, hingga hampir seperti terbang. Mereka tinggal di sebuah komunitas negara bernama Heming, yang terletak di wilayah barat Lautan Xiuhai.

Pada masa Dinasti Wei (386 - 543 M), sembilan orang manusia kerdil bertinggi badan 6 inci telah terbawa hujan dan angin kencang, hingga sampai ke pekarangan rumah penduduk bernama Wang Zichong. Lalu mumi manusia kerdil, yang diawetkan dengan lilin, pernah dimiliki oleh penduduk Tiongkok bernama Li Zhangwu.

Sedangkan perkembangan terbaru (era modern) di Taman Nasional Merubetiri, Jember (Jawa Timur, Indonesia), tim yang khusus dibentuk oleh pihak Taman Nasional untuk menanggapi reaksi masyarakat sekitar yang menyatakan pernah menyaksikan manusia-manusia kerdil, berhasil menemukan jejak-jejak kaki kecil yang ukurannya tidak lebih besar dari korek api gas.

Baca juga: Ternyata, Piramida Mesir Adalah Jalan Rahasia Menuju Surga 

Related

World's Fact 5868668763056018066

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item