Wow, Ilmuwan Menemukan Permainan Dadu Tertua di Dunia

 Wow, Ilmuwan Menemukan Permainan Dadu Tertua di Dunia

Naviri Magazine - Permainan dadu tampaknya telah dikenal manusia sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Para arkeolog yang melakukan penggalian di situs purbakala Burnt City, Iran, menemukan permainan dadu tertua di dunia, berusia 5.000 tahun.

Menurut mereka, temuan tersebut telah memecahkan rekor temuan permainan dadu tertua sebelumnya, yang ditemukan di Wilayah Guangdong, China (2004). Pada penggalian sebelumnya di reruntuhan peradaban Mesopotamia, permainan dadu juga sempat ditemukan, namun usianya jauh lebih muda 200 tahun dari yang ini.

Selain itu, sebuah kotak persegi panjang yang terbuat dari semacam kayu pirus, ditemukan bersamaan dengan penemuan permainan dadu tersebut. Namun sayang, kotak yang disinyalir merupakan papan permainan itu telah hancur terkikis, meski masih bisa diidentifikasi.

Kira-kira terdapat 20 lubang kecil berjejer pada kotak tersebut, dengan hiasan ukiran ular di tiap sudutnya. Dari penemuan ini, para arkeolog menarik kesimpulan, mungkin permainan dadu memang berasal dari daerah Mesopotamia, yang kemudian tersebar ke wilayah timur, terutama ke China dan Jepang.

Baca juga: Misteri Penemuan Ular Berkaki Empat Berusia 113 Juta Tahun

Related

World's Fact 5598379007223809908

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item