Kalau Kelebihan Bayar Pajak, Wajib Pajak Bisa Minta Kembalian

Kalau Kelebihan Bayar Pajak, Wajib Pajak Bisa Minta Kembalian

Naviri Magazine - Salah satu kondisi yang tidak terhindarkan dalam pajak, yaitu kelebihan bayar. Artinya Wajib Pajak (WP) dalam melakukan pembayaran pajak, dipungut maupun dipotong, lebih besar dari yang seharusnya terutang.

WP memiliki hak untuk meminta kembali uang dari sisa kelebihan bayar tersebut.

Berdasarkan situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dikatakan bahwa pengembalian dapat diberikan dalam waktu 12 bulan sejak surat permohonan diterima secara lengkap.

Lebih khusus lagi untuk WP dengan kategori WP patuh, maka pengembalian paling lambat dilakukan tiga bulan untuk Pajak Penghasilan (PPh), dan satu bulan untuk PPN sejak permohonan diterima. DJP memastikan tidak ada pemeriksaan.

Apabila Ditjen Pajak terlambat mengembalikan kelebihan pembayaran yang semestinya dilakukan, maka WP berhak menerima bunga 2% per bulan dengan batas maksimum 24 bulan.

Bagaimana mekanismenya?

WP bisa menuliskan saat melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) pada tahun berikutnya. Kemudian, mengirimkan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Kantor Perwakilan Pajak (KPP).

Related

Money 1356250756835155054

Recent

item