Ini 10 Pesawat dengan Kecepatan Paling Mengagumkan di Dunia

Ini 10 Pesawat dengan Kecepatan Paling Mengagumkan di Dunia

Naviri Magazine - Setelah teknologi semakin maju, peralatan perang pun ikut berkembang. Jika semula perang hanya dilakukan di darat dan di laut, belakangan juga dilakukan di udara. Peperangan di udara diperantarai oleh pesawat-pesawat tempur yang dirancang berbagai negara, dengan tujuan untuk menyerang dan mengalahkan musuh.

Karena dirancang sebagai mesin perang, pesawat-pesawat itu pun dibuat dengan kelebihan yang tidak dimiliki pesawat penumpang. Salah satunya dalam hal kecepatan. Berbeda dengan pesawat penumpang yang umumnya besar, pesawat tempur rata-rata memiliki penampilan ramping, namun kecepatannya sangat mengagumkan.

Berikut ini adalah sepuluh pesawat paling cepat di dunia, yang dirancang dan dibuat oleh berbagai negara.

Space Shuttle

Space Shuttle adalah mesin yang digunakan sebagai roket pendorong untuk pesawat ulang alik. Roket pendorong ini pertama kali dibuat oleh NASA pada 1981, dan memiliki kecepatan 20.000 mil per jam, sedangkan kecepatan rata-ratanya 17.500 mil per jam.

X-43A

Pesawat ini dibangun oleh NASA, dan digunakan pada waktu-waktu tertentu, misalnya untuk tujuan observasi, mata-mata, dan sebagainya. Pesawat ini berhasil memecahkan rekor dunia penerbangan berkecepatan tinggi, pada November 2004, dengan kecepatan 7.500 mil per jam.

X-15

Pesawat ini juga merupakan pesawat yang dirancang oleh NASA, dan "X" pada nama pesawat menunjukkan bahwa pesawat tersebut bersifat eksperimental. Dibuat pada 1959, pesawat ini mampu melesat dengan kecepatan rata-rata 4.510 mil per jam.

SR-71 Blackbird

Pesawat ini didesain oleh Clarence Kelly Johnson pada tahun 1966, yang kemudian dikembangkan oleh Amerika Serikat di bawah pengawasan NASA. Pesawat ini mampu melesat dengan kecepatan 2.200 mil per jam.

MiG-25R Fox Bat-B

Dikenal dengan sebutan Mikoyan-Gurevich, pesawat ini dibangun pada 1960 oleh Rusia. Pesawat ini menjadi andalan angkatan udara Aljazair dan Suriah, dan sengaja dibuat sebagai jawaban atas pembuatan pesawat Mack 3 dari Amerika Serikat. Pesawat ini mampu melesat dengan kecepatan hingga 2000 kilometer per jam.

X-2

Dikenal sebagai "star buster", X-2 juga merupakan pesawat eksperimental yang dibuat pada 1955, dan diproduksi oleh Amerika Serikat. Pesawat ini memiliki kecepatan hingga 1.900 kilometer per jam.

XB-70 Valkyrie

Ini adalah pesawat pembom strategis pertama yang dimiliki Amerika Serikat, dan mampu melakukan perjalanan ke hampir seluruh bagian di dunia. Pesawat ini mampu melesat dengan kecepatan rata-rata 1.890 kilometer per jam.

F-15 Eagle

Awalnya, pesawat ini dibangun oleh Amerika Serikat untuk tujuan dapat melesat ke tempat-tempat berjarak jauh, seperti Jepang, Arab Saudi, dan Israel. Dibangun pada tahun 1972, pesawat ini mampu melesat dengan kecepatan rata-rata 1.875 kilometer per jam

MiG-31 Foxhound

MiG 31 adalah pesawat yang dikembangkan dari prototipe pesawat MiG 25. Pesawat ini mampu melesat dengan kecepatan hingga 1.750 kilometer per jam.

F-111 Aardvark

F-111 Aardvark adalah pesawat pembom-tempur yang dibuat oleh angkatan udara Australia. Kecepatan rata-rata pesawat ini mencapai 1.650 kilometer per jam.

Related

World's Fact 1864937547928389029

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item