Wow, Sebuah Tempat Tidur Berantakan Terjual Rp 44 Miliar

Wow, Sebuah Tempat Tidur Berantakan Terjual Rp 44 Miliar

Naviri Magazine - Sebuah tempat tidur berantakan, lengkap dengan sampah-sampah di sekitarnya, terjual dengan harga 2,2 juta poundsterling atau Rp 44,9 miliar dalam lelang yang digelar rumah lelang Christie London.

Ini bukan sembarang tempat tidur berantakan. Ini adalah sebuah karya seni modern berjudul "My Bed", karya seniman kontroversial Inggris, Tracey Emin.

Dikerjakan pada 1998 lalu, Tracey menampilkan tempat tidur yang belum dirapikan, sejumlah botol minuman kosong, boneka, sepasang sepatu, kondom, dan puntung rokok yang berserakan di lantainya.

Karya seni kontemporer yang memenangkan penghargaan Turner 1999 ini dijual pemiliknya, yaitu seorang kolektor seni, Charles Saatchi, yang membelinya senilai 150.000 poundsterliang sekitar empat belas tahun silam.

Pada tahun itu juga, museum seni rupa Tate Gallery, London, kemudian memamerkan karya Tracey Emin ini.

"My Bed", yang merupakan salah satu karya penting gerakan seni Artist British Young, dilelang untuk mendukung Yayasan Saatchi Gallery.

Sejumlah analis mengatakan, karya instalasi ini menggambarkan salah satu momen kehidupan sang perupa, Tracey Emin (50), yang pernah mengalami trauma.

Dalam sambutannya di rumah lelang Christie, Tracey Emin mengatakan, dia berharap karya seninya dapat "mengubah persepsi masyarakat tentang konsep seni".

Related

World's Fact 4744418217052799317

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item