Ini Penyebab Awan di Langit Terlihat Bergerak

 Ini Penyebab Awan di Langit Terlihat Bergerak

Naviri Magazine - Awan berasal dari penguapan air laut dan sungai. Uap air itu mengembun menjadi tetesan-tetesan kecil air. Tetesan tersebut turun secara perlahan-lahan, seolah melayang di udara.

Ketika angin bertiup, angin mendorong awan sehingga awan bergerak dengan kecepatan yang sama. Hal itulah yang menyebabkan awan terlihat bergerak.

Apa penyebab langit berwarna biru?

Atmosfer Bumi mengandung molekul gas kecil dan partikel atau butiran debu. Karenanya, sinar Matahari yang memasuki armosfer pun bertemu dengan molekul gas dan partikel debu tersebut.

Ketika itu terjadi, warna sinar yang memiliki gelombang sinar lebih panjang—semisal merah dan kuning—dapat melewati dan menembus molekul dan gas tadi. Namun, warna biru yang memiliki gelombang sinar lebih pendek dipantulkan kembali ke atas atmosfer.

Karena itulah langit jadi terlihat berwarna biru. Prinsip yang sama juga berlaku pada air laut atau danau yang berwarna biru.

Related

Science 2177772547694906459

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item