Waduh, Ternyata Kecanduan Internet Bisa Merusak Mental

Waduh, Ternyata Kecanduan Internet Bisa Merusak Mental

Naviri Magazine - Terlalu sering menggunakan Internet ternyata memiliki risiko kesehatan yang serius. Gejala Internet Addiction Disorder (IAD) adalah salah satu ancaman kesehatan mental yang harus diwaspadai.

dr Leonardi A. Goenawan, SpKJ dari RS Pondok Indah dan Puri Indah, mengatakan kecanduan internet belum dikategorikan sebagai gangguan jiwa ataupun gangguan kepribadian. Meski begitu, kecanduan internet tetap merupakan ancaman bagi kesehatan masyarakat.

“Hingga saat ini, Internet Addiction Disorder (IAD) belum mendapat tempat yang ‘resmi’ dalam penggolongan diagnosis gangguan jiwa yang terbaru sekalipun (DSM-5). Namun IAD jelas merupakan suatu ancaman terhadap kesehatan mental maupun fisik seseorang,” ungkap sang dokter.

dr Leonardi mengatakan, kecanduan internet akan menurunkan kesehatan fisik seseorang. Orang yang kecanduan internet akan tahan berada di depan komputer atau smartphone selama berjam-jam, dan tak pernah melakukan aktivitas fisik.

Di sisi lain, kecanduan internet juga akan menyebabkan seseorang terperangkap atau terkurung dalam kamar tanpa interaksi sosial yang nyata. Hal ini bisa menimbulkan gangguan jiwa seperti gangguan kecemasan hingga depresi.

“Masalah perilaku kecanduan terhadap sesuatu bisa berkaitan dengan masalah kejiwaan lainnya, salah satunya bisa insomnia atau juga gangguan kecemasan,” ungkap dr Andri SpKJ, FAPM dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera ketika dihubungi terpisah.

Ancaman kesehatan akibat kecanduan internet sudah terjadi di Tiongkok dan juga Korea Selatan. Di negara yang koneksi internetnya cepat dan didukung teknologi tercanggih, masyarakatnya lebih menyukai aktivitas internet daripada di luar ruangan.

“Baik di Tiongkok maupun Korea Selatan, IAD dianggap sebagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat yang serius, dan kedua negara tersebut telah memberikan dukungan sepenuhnya untuk edukasi, penelitian, dan pengobatan, terhadap masalah IAD,” ungkap dr Leonardi lagi.

Related

Psychology 557524442220351906

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item