Kisah Orang Pertama yang Menaklukkan Puncak Everest

Kisah Orang Pertama yang Menaklukkan Puncak Everest

Naviri Magazine - Tahun 1952, kabar mengenai Everest kembali tersiar, lewat tim ekspedisi Swiss yang ingin mencapai titik tertinggi gunung tersebut. Ekspedisi ini berakhir dengan kegagalan, dan hanya berhasil mengantarkan dua orang dalam tim, yaitu Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay, mencapai ketinggian 8.550 meter.

Setelah kegagalan Swiss, Inggris menyiapkan tim untuk ekspedisi di tahun berikutnya. Tim Inggris yang dibentuk kali ini dipimpin John Hunt, yang beranggotakan 10 pendaki dan seorang dokter. Ekspedisi yang dilakukan Inggris ini merupakan yang ke-11 dalam usaha pencapaian puncak Everest.

Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay masuk dalam kelompok itu. Dalam perjalanan ini, cuaca buruk terus membayangi, badai salju yang berlangsung sehari-semalam tak juga reda. Akibatnya, 4 pengangkut beban mengundurkan diri karena buta salju.

Di tengah situasi buruk itu, Hillary dan Tenzing memberanikan diri untuk melanjutkan pendakian. Semangat itu terbayar tuntas. Keduanya berhasil mencapai puncak Everest. Sejarah kemudian mencatat Hillary dan Tenzing adalah orang pertama yang berhasil menaklukkan Everest pada 29 Mei 1953.

Yang perlu dicatat, sejak Everest telah disentuh oleh manusia melalui ekspedisi yang diawali pada 1921, Everest telah menewaskan 130 orang hingga tahun 1996.

Related

World's Fact 5314970040564310807

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item