Begini Proses Terjadinya Angin, dan Fungsinya Bagi Kehidupan

Begini Proses Terjadinya Angin, dan Fungsinya Bagi Kehidupan

Naviri Magazine - Angin adalah udara yang bergerak akibat adanya perbedaan tekanan udara, dengan arah aliran angin dari tempat yang memiliki tekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah. Atau, dari daerah yang memiliki suhu/temperatur rendah ke wilayah yang bersuhu tinggi.

Angin memiliki hubungan erat dengan sinar Matahari, karena daerah yang terkena banyak paparan sinar Matahari akan memiliki suhu yang lebih tinggi serta tekanan udara yang lebih rendah dari daerah lain di sekitarnya, sehingga menyebabkan terjadinya aliran udara.

Angin juga dapat disebabkan oleh pergerakan benda, sehingga mendorong udara di sekitarnya untuk bergerak ke tempat lain.

Apa fungsi angin bagi kehidupan?

Meskipun angin yang kencang bisa menyebabkan kerusakan, namun angin sangat penting bagi kita, karena angin memindahkan awan yang membawa air hujan. Tanpa hujan, tumbuh-tumbuhan akan mati, manusia serta hewan tidak mendapatkan makanan dan air.

Angin selalu membawa udara hangat ke daerah dingin, yang membutuhkan panasnya. Selain itu, fungsi angin yang penting adalah mencegah polusi udara, karena udara pekat di atmosfer.

Related

Science 1750374782205475841

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item