Tata Cara Mengontrak Artis untuk Endorsement dan Biayanya

Tata Cara Mengontrak Artis untuk Endorsement dan Biayanya

Naviri Magazine - Popularitas yang disandang membuat selebriti jadi sarana efektif untuk mempromosikan barang. Salah satunya lewat endorsement yang biasanya dilakukan di Instagram.

Cara promosi yang diminati online shop ini bisa berupa paid endorse (PE) atau paid promote (PP). PE berarti online shop membayar biaya endorse, sekaligus memberikan barang untuk dipromosikan si artis.

Jadi, postingan akan terlihat lebih personal, karena barang dipakai langsung oleh si artis. Biasanya, foto artis saat memakai produk yang dipromosikan juga boleh disimpan dan dipublikasikan kembali oleh pihak online shop.

PE berbeda dengan PP. Pada PP, online shop cukup membayar tarif endorse dan materi promosi, lalu si artis memposting materi tersebut di akun Instagramnya. Biaya endorse-nya lebih murah dibanding PE, dan bisa dipasang lebih cepat. Namun, berakhirnya waktu tayang PP biasanya lebih cepat pula.

Kalau Anda punya online shop, mungkin bertanya-tanya, “Berapa, sih, tarif endorse artis?” Uraian berikut ini mungkin bisa menjawab.

Sharena Delon

Selebriti yang menikah dengan Ryan Delon ini sudah dikaruniai seorang anak laki-laki yang biasa dipanggil Ry. Sharena memasang tarif endorse Rp 2,5-3 juta untuk sekali post foto. Kalau ingin endorse Sharena bareng suami atau anaknya, perlu menambah biaya masing-masing Rp 1 juta. Jadi, kalau ingin endorse Sharena lengkap sekeluarga, perlu membayar Rp 3,5-4 juta.

Biaya endorse yang berbeda dikenakan untuk endorsement dalam bentuk video, yakni Rp 4,2-4,7 juta. Kalau bentuknya video tutorial, tarif endorse-nya lebih mahal, yakni Rp 5,2-5,7 juta. Selain akun Instagram pribadinya, @mrssharena, Sharena juga punya akun Instagram khusus endorsement, yakni @endorsesharena.

Sandra Dewi

Biaya endorse artis cantik ini sekitar Rp 8,4 juta sekali post. Tertarik meng-endorse Sandra?

Olla Ramlan

Olla, yang berprofesi sebagai presenter, model, sekaligus sosialita, akan mempromosikan produk Anda dengan bayaran Rp 6,3 juta per post.

Zaskia Adya Mecca

Kalau ingin meng-endorse istri sutradara Hanung Bramantyo ini, Anda perlu membayar Rp 5,6-10 juta. Biayanya lebih mahal untuk endorsement dalam bentuk video di Instagram Zaskia Mecca, yakni Rp 14,5 juta. Zaskia juga melayani endorsement lewat Instagram Story dengan tarif Rp 1,5 juta.

Ayu Ting Ting

Penyanyi dangdut yang melejit berkat lagu ‘Alamat Palsu’ ini melayani paid promote dengan biaya Rp 6,5-7 juta. Tarif paid endorse-nya tidak diketahui, tapi kemungkinan lebih mahal. Apalagi Instagram Ayu Ting Ting sudah punya puluhan juta followers. Anak Ayu, yakni Bilqis, juga bisa di-endorse dengan biaya Rp 6 juta per post.

Related

Celebrity 7673094658844651890

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item