Dinasti Abbasiah, Kekaisaran Terbesar Dalam Sejarah Islam

 Dinasti Abbasiah, Kekaisaran Terbesar Dalam Sejarah Islam

Naviri Magazine - Dinasti Abbasiah memiliki kekuasan wilayah melebihi Dinasti Romawi. Akan tetapi dinasti ini meneruskan perjuangan dinasti sebelumnnya yang runtuh, yaitu dinasti Bani Umayyah.

Kekhalifahan ini berkembang pesat dan menjadikan dunia Islam sebagai pusat pengetahuan dunia. Kekhalifahan ini berkuasa setelah merebutnya dari Bani Umayyah dan menundukkan semua wilayahnya, kecuali Andalusia. Bani Abbasiyah dirujuk kepada keturunan paman Nabi Muhammad yang termuda, yaitu Abbas bin Abdul-Muththalib (566-652), oleh karena itu mereka juga termasuk ke dalam Bani Hasyim.

Berkuasa mulai tahun 750 dan memindahkan ibu kota dari Damaskus ke Baghdad. Berkembang selama tiga abad, tetapi pelan-pelan meredup setelah naiknya bangsa Turki yang sebelumnya merupakan bagian dari tentara kekhalifahan yang mereka bentuk, dan dikenal dengan nama Mamluk.

Setelah selama 150 tahun mengambil kekuasaan Iran, kekhalifahan dipaksa untuk menyerahkan kekuasaan kepada dinasti-dinasti setempat, yang sering disebut amir atau sultan. Menyerahkan Andalusia kepada keturunan Bani Umayyah yang melarikan diri, Maghreb dan Ifriqiya kepada Aghlabiyyah dan Fatimiyah.

Kejatuhan totalnya pada tahun 1258, disebabkan serangan bangsa Mongol yang dipimpin Hulagu Khan, yang menghancurkan Baghdad dan tak menyisakan sedikit pun dari pengetahuan yang dihimpun di perpustakaan Baghdad.

Related

Moslem World 1163951635736630438

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item