Wow! Tahun 2020 Nanti, Facebook Akan Bikin Uang Sendiri

Wow! Tahun 2020 Nanti, Facebook Akan Bikin Uang Sendiri

Naviri Magazine - Facebook sudah terkenal sebagai media sosial terbesar di dunia, yang digunakan oleh dua miliar orang. Facebook juga diketahui memiliki WhatsApp dan Instagram, yang sama-sama digunakan ratusan juta orang. Dengan basis pengguna sebanyak itu, Facebook jadi mirip sebuah negara. Belakangan, Facebook dikabarkan akan merilis mata uang virtual mereka sendiri.

Kehadiran mata uang virtual atau cryptocurrency buatan Facebook semakin mendekati kenyataan. Platform media sosial itu berencana meluncurkan uang digitalnya pada kuartal pertama 2020.

Facebook juga dilaporkan ingin segera menguji coba cryptocurrency-nya yang kemungkinan diberi nama 'GlobalCoin', pada akhir tahun ini. Informasi lebih lanjut soal uang virtual ini diprediksi diungkap pada musim panas tahun ini.

GlobalCoin harus melalui berbagai uji teknis dan lulus regulasi sebelum diluncurkan. Menurut laporan BBC, pada April 2019 lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg telah bertemu dengan Gubernur Bank of England, Mark Carney, untuk berdiskusi soal peluang dan risiko yang mungkin bakal dihadapi setelah peluncurannya.

Tidak hanya itu, Facebook juga meminta saran terkait isu operasional dan aturan dari beberapa pejabat di Departemen Keuangan AS. Perusahaan juga dilaporkan berbincang dengan Western Union, guna mencari tahu cara yang murah dan cepat bagi pengguna untuk mengirim dan menerima uang tanpa akun bank.

Rencana Facebook membangun cryptocurrency macam Bitcoin mulai terungkap pada Mei 2018 lalu. Kala itu, mereka tengah fokus pada penggunaan cryptocurrency khusus untuk memfasilitasi pembayaran di platform.

Blockchain, sistem penyimpanan catatan yang terdesentralisasi, dapat membantu mengatasi beberapa masalah yang mengganggu di Facebook, seperti verifikasi identitas atau penjualan iklan. Teknologi ini juga dimanfaatkan mata uang kripto.

Mereka bahkan merombak struktur eksekutifnya, dan membentuk divisi baru blockchain. Divisi ini dipimpin oleh wakil presiden Facebook Messenger, David Marcus, yang pernah menjabat dewan perdagangan bitcoin di CoinBase dan juga mantan CEO PayPal.

Related

Technology 1027023646572772636

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item