Inilah Tempat Terdingin di Dunia, Apa Saja Membeku Jadi Es

Inilah Tempat Terdingin di Dunia, Apa Saja Membeku Jadi Es

Naviri Magazine - Tempat paling dingin di dunia adalah Oymyakon di Siberia. Suhu di sana sekitar -71,1 Celsius atau -96 Fahrenheit. Selain itu, ada beberapa tempat lagi yang sejuk, seperti di Greenland.

Benua Antartika juga termasuk tempat yang sangat dingin, yang juga disebut-sebut sebagai tempat terdingin di dunia. Benua tersebut telah diselimuti es selama 135 juta tahun.

Uniknya, meski begitu, benua yang sangat dingin itu memiliki sejumlah gunung berapi, meski tidak satu pun yang aktif. Benua itu juga memiliki sejumlah puncak yang tinggi, dan puncak yang paling tinggi adalah Vinson Massif, dengan ketinggian 4.897 meter

Antartika adalah benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi, dan menjadi tempat terdingin di muka bumi karena sebagian besar wilayahnya diliputi air sepanjang tahun. Benua itu juga memiliki ketinggian tanah rata-rata tertinggi, kelembapan rata-rata terendah, dan suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi.

Dengan luas 13.200.000 kilometer persegi, Antartika adalah benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Namun populasi di benua itu relatif kecil, jauh dibandingkan benua lain. Orang yang tinggal di sana umumnya para peneliti dan ilmuwan—itu pun dalam batas waktu tertentu.

Sejak tahun 1820, manusia sudah mulai mendekati benua Antartika, namun baru pada tahun 1900-an penjelajahan di daratan beku itu dimulai. Karena kerasnya kehidupan di sana akibat cuaca yang amat dingin, Antartika telah merenggut lebih dari 200 ilmuwan dan peneliti selama 45 tahun terakhir.

Related

World's Fact 7244559901927897258

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item