Waduh, Ada 420 Batu Ginjal Ditemukan di Tubuh Pria Ini

Waduh, Ada 420 Batu Ginjal Ditemukan di Tubuh Pria Ini

Naviri Magazine - Seorang pria memiliki 420 batu ginjal dikeluarkan oleh dokter ahli bedah, dari tubuhnya. Operasi dilakukan saat pria itu mengeluhkan rasa sakit yang parah.

Ahli bedah di Provinsi Zhejiang, Tiongkok, menyalahkan pola hidup buruk yang dijalani oleh He Dong, akibat menjalani diet ketat, dengan hanya mengonsumi tahu. Pria berusia 55 tahun itu menjalani operasi ginjal kirinya selama dua jam.

Melalui proses CT scan, bagian perut Dong memperlihatkan keberadaan 420 batu dalam ginjalnya. Pria itu mengaku kepada dokter, telah mengonsumsi gipsum tahu yang tinggi kalsium.

"Produk keledai, terutama gipsum tahu, memiliki kalsium yang sangat tinggi. Kurangnya asupan air putih membuat kalsium yang berlebihan tidak dapat dikeluarkan dari tubuh," kata Dr Wei Yubin, kepada The Shanghaiist, seperti dikutip Mirror.

Sebenarnya, catatan medis menunjukkan telah mendiagnosa beberapa batu ginjal beberapa tahun yang lalu. Tetapi Dong lebih memilih tidak melakukan apa-apa.

The Shanghaiist melaporkan bahwa 10 batu ginjal telah diangkat 20 tahun yang lalu, menggunakan lithotropsy. Suatu prosedur medis yang menghancurkan batu ginjal. Tetapi sekarang terdapat 420 batu ginjal yang dikeluarkan dengan tang secara satu per satu.

"Kami menghabiskan 45 menit hanya mengambil batu-batu kecil. Setelah itu tangan dan kaki saya mati rasa," ungkap Dr Wei.

Pasien yang berasal dari kota Jinhua itu mengatakan tidak suka minum air. Tetapi dokter memerintahkan dia untuk mengubah kebiasaan makannya, dan mengurangi jumlah tahu yang dikonsumsi.

Related

World's Fact 8044647599833131253

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item