Ini 5 Festival Paling Aneh Sekaligus Kontroversial di Dunia

Ini 5 Festival Paling Aneh Sekaligus Kontroversial di Dunia

Naviri Magazine - Festival umumnya dibuat sebagai penyelenggaraan pesta rakyat, yang di dalamnya memuat unsur-unsur tradisi dari kehidupan rakyat setempat. Karenanya, di negara mana pun bisa dibilang terdapat festival yang dirayakan masyarakatnya. Beberapa festival kadang bahkan sangat menarik, hingga banyak wisatawan berdatangan untuk ikut menyaksikan.

Namun tak semua festival menarik, ada pula yang dianggap aneh bahkan kontroversial. Sebegitu kontroversial, beberapa festival bahkan ada yang kemudian dilarang. Berikut ini lima di antaranya.

Festival Kanamara Matsuri, Jepang

Jepang mengadakan festival yang mengarak patung berbentuk alat vital manusia. Kanamara Matsuri dan Ososo Matsuri adalah festival tahunan Jepang yang terbilang sangat kontroversial, namun telah dikenal luas dengan parade uniknya yang memamerkan alat vital pria dan wanita.

Dirayakan setiap tahun pada 29 April di Osawa Hot Spring, Konsei Matsuri dipercaya dapat mendatangkan kehamilan bagi para peserta wanita, serta membuat mereka jadi enteng jodoh.

Karena ukuran kolam air panas di Osawa Hot Spring tidak terlalu besar, penyelenggara festival hanya menunjuk beberapa wanita untuk melakukan ritual tersebut. Sementara mereka yang tidak dipilih, dilarang keras untuk ikut masuk ke dalam kolam pemandian.

Festival World Naked Bike Ride

World Naked Bike Ride adalah event sepeda telanjang internasional tahunan. Meskipun sekilas terkesan porno, sejatinya World Naked Bike Ride adalah event yang sengaja diusung sebagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait sejumlah isu sosial.

Para peserta memang dianjurkan untuk tidak mengenakan pakaian. Namun tindakan yang berhubungan dengan aktivitas seksual sama sekali tidak diperbolehkan selama acara berlangsung.

Festival Love Parade

Love Parade adalah festival tahunan yang diadakan di Jerman, setiap awal musim panas. Sebenarnya, Love Parade bukan festival seks resmi, namun bisa dibilang di sana adalah 'surga' bagi para pasangan yang ingin bercinta di taman, padang rumput, boleh dibilang di sembarang tempat.

Diadakan pertama kali pada tahun 1989, Love Parade sekarang telah ditiadakan, karena memicu banyak kecaman. Love Parade sebenarnya festival musik dan dansa elektronik di jalanan. Love Parade pertama kali diadakan di Berlin Barat, pada tahun 1989. Sejak saat itu, Love Parade pun dilangsungkan di berbagai kota di Jerman.

Festival bonbin orang Afrika

Ini adalah festival yang mengundang kontroversi internasional, karena bermuatan rasis. Pameran di Edinburgh, Skotlandia, itu menampilkan kebun binatang manusia. Tepatnya yang dipamerkan adalah orang Afrika berkulit hitam.

Sang pemrakarsa adalah seniman Afrika Selatan, bernama Brett Bailey. Dia mengaku merancang kandang-kandang berisi manusia itu berdasarkan kejadian nyata pada abad 19.

Pada masa itu, warga Eropa dan Amerika Serikat biasa mendatangkan suku terpencil dari Benua Hitam untuk diamati layaknya hewan. Walau niat Brett ingin mengingatkan pengunjung akan kekejaman rasisme dua abad lampau, beberapa orang merasa terhina. Termasuk para penonton kulit putih yang justru merasa instalasi seni itu tidak mengkritik praktik rasisme di masa lalu, tapi malah mengulanginya di masa sekarang.

"Apa bedanya kandang manusia kulit hitam ini dengan yang dulu pernah ditonton warga abad 19?" ujar salah satu pengunjung, seperti dilansir the Guardian.

Festival perayaan Yulin

Para pecinta hewan tentunya tahu perayaan Yulin yang digelar tiap tahun di China. Perayaan tradisional ini sudah lama mengundang protes dari para pecinta hewan. Menurut leluhur China, tradisi makan daging anjing dan kucing dinilai bagus untuk kesehatan dan membawa keberuntungan.

Festivel Yulin biasanya digelar pada musim panas. Lebih dari 10.000 anjing dan kucing akan dibakar dan dijual bebas di seluruh wilayah China. Dalam Festival Yulin, tidak diketahui dari mana anjing-anjing tersebut berasal, bisa jadi para pedagang mencuri anjing yang terlepas milik orang lain.

Related

World's Fact 5813261030111115906

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item