Ini 7 Robot Canggih di Jepang, dengan Kemampuan Mencengangkan

Ini 7 Robot Canggih di Jepang, dengan Kemampuan Mencengangkan

Naviri Magazine - Jepang memang sudah terkenal sangat canggih, khususnya dalam menghasilkan benda-benda elektronik. Kenyataannya, banyak barang elektronik di rumah kita—dari lemari es, mesin cuci, kipas angin, pemutar musik, dan lain-lain—adalah produksi Jepang.

Kini, ketika era robot makin populer, Jepang juga menghasilkan robot-robot yang canggih, dengan kemampuan mengagumkan. Berikut ini 7 di antaranya.

Robot MotoMan, pandai merakit kamera dan memasak 

Robot MotoMan SDA1 dari perusahaan Yaskawa Electric, Jepang, adalah robot yang bisa memasak makanan yang digemari di Jepang, yaitu Okonomiyaki (mungkin di Indonesia mirip martabak telor).

Sebenarnya, robot ini diciptakan untuk merakit kamera digital disposable, tetapi ternyata juga pintar membuat okonomiyaki. Robot ini mempunyai tinggi 135 cm dan berat 220 kg, mempunyai 2 tangan yang cukup panjang sehingga mempunyai jangkauan luas.

Yaskawa-kun, pandai menjual es krim 

Melihat penjual es krim saja semua anak pasti senang, apalagi yang jual sesosok robot yang lucu. Yaskawa-kun adalah robot penjual es krim di sebuah theme park di Jepang, tepatnya di Tokyo Summerland.

Sama seperti dilayani orang, Yaskawa-Kun akan langsung membuat pesanan es krim bila Anda sudah memilih jenis es krim dan membayarnya. Bedanya, Anda bisa memilih es krim melalui layar sentuh.

Ninomiya-kun, pandai membaca buku 

Ninomiya-kun adalah robot yang bisa membaca buku melalui kamera yang ada di matanya. Robot ini bisa membaca seluruh jenis bacaan, mulai dari koran sampai majalah, dari awal sampai akhir. Buku/koran diletakkan di bagian depannya, dan setiap lembaran bisa dibalik secara otomatis.

Ninomiya-kun memang hanya bisa mengeluarkan suara robot. Tetapi, para peneliti akan membuat suara Ninomiya-kun lebih mempunyai perasaan, sehingga bisa menyamai suara manusia.

Robo-Barmaid, menggantikan tugas bartender

Di masa depan, sepertinya robot banyak mengambil alih sebagian pekerjaan manusia, dan memungkinkan terjadinya peningkatan pengangguran. Salah satunya adalah Robo Barmaid (Asahi Beer Robot) yang bertugas menggantikan bartender di bar atau klub malam.

Robo Barmaid akan membuka botol bir dan memberikannya ke para tamu. Selain membuka botol bir, robot ini juga mampu menuangkan bir ke dalam gelas dan memberikannya kepada para tamu tanpa tumpah.

Hal lain yang pasti akan membuat Anda sedikit lega, robot ini tidak suka duit alias tidak perlu diberi tip setelah melayani Anda semalaman penuh.

RIBA, penggendong pasien di rumah sakit

RIBA (Robot for Interactive Body Assistance) adalah robot yang diciptakan oleh Japan Institute of Physical and Chemical Research (RIKEN), yang dikhususkan untuk mengangkat atau tepatnya menggendong pasien di rumah sakit.

RIBA akan menemai para suster, yang biasanya memang kesulitan untuk mengangkat pasien dari/ke atas ranjang.

Selain menggendong pasien, RIBA juga dilengkapi Face and Voice Recognition, sehingga mampu menjalankan perintah melalui suara, dan mengenali para suster atau orang yang bekerja di rumah sakit.

ApriPoko, berfungsi sebagai Universal Remote Control

ApriPoko, robot keluaran Toshiba, adalah sebuah universal Remote Control yang dapat mengontrol semua remote, baik TV, video, dan lainnya. Kelebihan robot ini adalah dapat berbicara dan diperintah melalui suara (voice operated).

Robot ini akan mempelajari segala kebiasaan Anda dalam menggunakan remote untuk setiap alat, bahkan bertanya segala hal untuk memudahkan Anda menggunakan remote di kemudian hari.

AproPoko akan mendeteksi semua remote melalui koneksi InfraRed (IR), dan bertanya apa yang harus dia lakukan. Kalau punya robot seperti ini, tangan Anda tidak perlu pegal lagi karena kebanyakan memencet tombol untuk mengganti channel di TV pada saat iklan.

Hina, pintar membuat kopi

Membuat robot bisa membuat kopi saja sudah sulit, tetapi yang dilakukan warga Jepang ini melampaui hal tersebut. Dia bukan saja berhasil memodifikasi mesin robot untuk dapat membuat secangkir kopi, tetapi juga melakukan modifikasi tampilan robot (Kondo KHR-2HV) menjadi sebuah robot dengan karakter manga, yang diberi nama HINA.

HINA mempunyai tinggi 36 cm dengan berat 1,1 kg, dan dikendalikan melalui sebuah remote control. Ia mempunyai sekitar 20 servo (motor), untuk menggerakkan beberapa bagian tubuhnya.

Related

World's Fact 6557621121857025287

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item