Mengapa Kita Lebih Tertarik Pada Orang Berpenampilan Cakep?

Mengapa Kita Lebih Tertarik Pada Orang Berpenampilan Cakep?

Naviri Magazine - Pada 1920, psikolog Edward Thorndike menciptakan istilah 'Halo Effect' alias efek lingkaran cahaya. Istilah ini berusaha menjelaskan bias kognitif otak manusia, yakni merasa orang berwajah rupawan punya sifat baik, dibanding orang dengan wajah yang dianggap kurang menarik.

Pada 1972, tiga psikolog mendemonstrasikan efek ini dalam sebuah eksperimen. Para peserta penelitian diminta menilai kepribadian orang hanya berdasarkan fotonya. Sebagian besar peserta berasumsi orang cakep lebih baik hati dan dapat dipercaya. Laporan penelitian ini diberi judul "Cantik Selalu Dianggap Baik."

Kesimpulan psikolog barangkali tidak mengejutkan. Banyak orang mengaku pernah merasakan "hak istimewa orang cakep". Konsep itu nyata. Orang berwajah cantik atau ganteng, cenderung menjalani hidup yang lebih mudah dan bebas masalah. Tentu saja, mentalitas itu punya sisi gelap. Ketika melihat seseorang berpenampilan tidak menarik, orang cenderung berasumsi sifatnya otomatis buruk.

Pada 1843, Hans Christian Andersen menerbitkan fabel The Ugly Duckling. Kisah ini mengisahkan seekor anak itik yang diasingkan karena buruk rupa dan bulunya hitam. Si itik malang akhirnya memutuskan bunuh diri.

Tak disangka-sangka, dia bereinkarnasi menjadi angsa berbulu cantik dan disukai kawan-kawannya.

Dongeng anak ini, setelah dibaca lagi, sangat-sangat bermasalah. Pasalnya, dongeng-dongeng tersebut banyak menceritakan bagaimana seseorang harus mengubah dirinya sendiri agar tidak didiskriminasi dan dirundung.

Semua asumsi ini menegaskan betapa manusia memang punya bias kognitif bawaan: kita selalu merasa berpenampilan menarik lebih baik. Aspek paling problematis tentunya keyakinan bahwa orang yang tidak menarik secara fisik harus berubah kalau mau disukai.

Related

Psychology 5546702158970782855

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item