Misteri Ice Circles, Fenomena Alam yang Aneh dan Membingungkan

 Misteri Ice Circles, Fenomena Alam yang Aneh dan Membingungkan

Naviri Magazine - Di wilayah yang terdapat musim salju, sering terjadi fenomena alam yang unik, yaitu terbentuknya lingkaran es. Fenomena alam ini pernah terjadi beberapa kali. Namun, meskipun begitu, alasan di balik terbentuknya lingkaran es hingga kini masih belum diketahui secara pasti.

Sungai atau danau yang diatasnya terdapat salju yang membeku akan mencair seiring berjalannya waktu, dan memang hal tersebut bukan hal aneh. Namun, jika mencairnya es tersebut kemudian memperlihatkan formasi geometris, hal tersebut cukup menantang untuk diteliti.

Pertanyaannya, bagaimana bisa terjadi lapisan es pada permukaan air mencair dan kemudian membentuk lingkaran yang sempurna?

Banyak teori mengenai fenomena alam tersebut, salah satunya ialah meningkatnya suhu panas pada permukaan air, atau teori lain seperti perpindahan cepat suhu di sekitar lingkaran es. Teori-teori tersebut belum terbukti kebenarannya, serta masih banyak teori lain yang berkaitan dengan terbentuknya lingkaran es pada permukaan air.

Teori lainnya mengatakan, terbentuknya lingkaran es pada permukaan air disebabkan oleh aktivitas tektonik di dasar bumi, yang kemudian mengakibatkan meningkatnya suhu permukaan air.

Teori tersebut masih sulit untuk menjelaskan secara rinci bagaimana bisa terjadi lapisan es mencair hingga meninggalkan bentuk geometris, jika memang suhu permukaan air meningkat. Seharusnya, mencairnya es tidak akan meninggalkan sisa area di sekitar yang kemudian membentuk lingkaran.

Ukuran lingkaran es sangat bervariasi dan tidak menentu, terjadinya fenomena lingkaran es juga tidak dapat diprediksi, serta bisa terjadi dimana pun selama di wilayah tersebut terdapat lapisan es di atas permukaan air yang mulai mencair.

Memecahkan misteri di balik terbentuknya pola lingkaran es benar-benar menantang. Apakah memang lingkarang es tersebut terbentuk secara alamiah, ataukah memang ada faktor selain alam yang menyebabkannya?

Memecahkan misteri terbentuknya lingkaran es di atas permukaan air hampir sama sulitnya memecahkan fenomena Crop Circle, fenomena alam mengenai terbentuknya pola-pola aneh pada area ladang pesawahan atau perkebunan yang sangat misterius, yang sering dikaitkan dengan aktivitas alien dan UFO.

Related

Science 9175748965758196250

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item