Princen Poncke, Tentara Belanda yang Justru Membela Indonesia

Princen Poncke, Tentara Belanda yang Justru Membela Indonesia

Naviri Magazine - Apa jadinya jika seorang tentara andalan Belanda malah berbalik membela bangsa yang dijajahnya, untuk kemudian mengusir negaranya sendiri? Terkesan sangat drama, namun hal tersebut benar-benar dilakukan seorang tentara bernama Princen Poncke.

Sejak pertama kali menjejakkan kakinya di Indonesia, ia merasa ada sesuatu yang salah dengan yang dilakukannya. Sejenak Princen terkenang Nazi yang pernah menginjak-injak Belanda.

Batin Poncke pun makin tak terima ketika ia diharuskan melakukan aksi keji kepada penduduk pribumi. Pada puncak kekesalannya, ia kabur dari detasemennya, untuk kemudian bergabung dengan TNI. Kecintaannya terhadap Indonesia dimulai saat melihat raut wajah para pejuang yang sangat ingin merdeka. Ketika itu, ia bersumpah akan membawa negara ini meraih kemerdekaan yang sesungguhnya.

Kiprah Princen berbuah manis. Pertarungan demi pertarungan dimenangkannya bersama pejuang lainnya. Hingga akhirnya, ia pun menasionalisasi dirinya dengan berpindah kewarganegaraan.

Ia bahkan mendapatkan lencana dari Presiden Soekarno. Setelah lepas masa perjuangan, sosok satu ini masih berjuang, kali ini dengan mendirikan banyak LSM yang berkutat pada masalah HAM.

Related

History 6055665828910752104

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item