Aneka Barang Bajakan yang Marak Beredar di Indonesia

Aneka Barang Bajakan yang Marak Beredar di Indonesia

Naviri Magazine - Ada banyak orang yang ingin memiliki barang-barang bermerek terkenal, namun terkendala oleh harganya yang biasanya sangat mahal. Kenyataan itulah yang lalu menimbulkan “peluang” baru, yaitu produk bajakan. Fenomena semacam itu juga menggejala di Indonesia.

Dengan adanya produk bajakan, orang bisa membeli barang yang tampak bermerek, tapi memiliki harga terjangkau. Dari situ, aneka barang bajakan pun marak dan merembet pada aneka produk. Berikut ini di antaranya.

DVD bajakan

Bagi yang suka nonton film dan tak mau ketinggalan keseruannya, biasanya membeli barang yang satu ini. Ya, DVD bajakan yang dijual dipinggir jalan. Harganya murah dan bisa dipakai berkali-kali (meskipun kualitas dan daya tahannya kurang bagus).

DVD bajakan diburu oleh masyarakat Indonesia, dan karena itu pula semakin maraknya DVD bajakan yang dijual di Indonesia.

Game bajakan

Bagi para gamers, kaset game bajakan sudah tak asing lagi. Jangankan kaset seharga Rp 10.000, dengan adanya internet kita dapat men-download langsung. Ya, cara ini paling disukai oleh para gamers karena dari segi ekonomis sangat murah.

Bandingkan dengan harga kaset Game PC yang original seharga Rp 500.000-an. Mungkin untuk membeli 1 game original saja harus menabung 1 bulan lebih. Itu pun kalau niat.

Aplikasi bajakan

Kalian punya android? Ingin download game atau aplikasi berbayar atau premium tetapi tak mau keluar duit? Bisa jadi, kalian men-download game premium tersebut dari searching di google. Biasanya, file tersebut berbentuk file .apk.

Pasti kalian berpikir, kenapa harus mengeluarkan duit banyak, kalau cuma buat game di ponsel? Game file .apk pasti hampir semua memilikinya. Bisa dibilang, ini adalah bajakan juga karena membuat game berbayar tetapi gratis.

Produk bajakan

Salah satunya adalah Jersey KW Thailand dan tas bermerk yang KW. Pria yang memiliki tim idola tentu ingin punya merchandise-nya. Tetapi jika ingin membeli yang original, harganya cukup mahal, di atas Rp 300.000. Jadinya memilih alternatif lain.

Begitu pun wanita. Ingin tampak modis dan tidak ketinggalan zaman, maka membeli tas bermerek tetapi dengan harga murah, mungkin Rp 100.000, yang ternyata barang KW.

Software bajakan

Mungkin sebagian orang memiliki software gratis yang sudah di-krack ataupun memiliki OS bajakan. Memang harganya sangat lebih murah dibanding originalnya. Seperti Win 8.1 yang harga jualnya mencapai 1.3 jutaan lebih. Sedangkan kalau memiliki bajakannya tinggal install pake flashdisk.

Dikutip dari salah satu website, “Jadi dari 5 juta komputer yang terjual di Indonesia pada tahun 2012, hanya 550.000 di antaranya menggunakan lisensi berbayar, sisanya 4,3 juta menggunakan versi bajakan.”

Related

Business 4308944118970557612

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item