Di Masa Depan, Mesin ATM Diprediksi Akan Punah dari Muka Bumi

Di Masa Depan, Mesin ATM Diprediksi Akan Punah dari Muka Bumi

Naviri Magazine - Ada banyak benda yang sekian tahun lalu biasa kita gunakan atau telah akrab kita kenal, namun sekarang sudah punah. Kepunahan itu bisa terjadi karena ada sudah tidak lagi digunakan, atau bisa pula karena ada benda lain yang lebih baru, yang menggantikannya. Hal sama terjadi pada ATM, yang biasa kita gunakan untuk menarik uang tunai. Di masa depan, diperkirakan mesin ini juga akan punah.

Tiga tahun sebelum meninggal, John Shepherd-Barron, penemu automated teller machine (ATM), bernubuat bahwa pada 2015 seluruh transaksi yang terjadi di bumi akan dilakukan secara non-tunai. Uang kertas dan koin tak lagi diminati. Dengan demikian, mesin penarik uang ciptaannya pun terancam punah.

Prediksi John bisa dikatakan meleset, tetapi tidak sepenuhnya keliru. Februari lalu, Telegraph mengabarkan bahwa selama Juli-Desember 2018 ada sekitar 500 ATM di Inggris yang ditutup setiap bulan. Bila ditotal, sebanyak 4.700 ATM ditutup pada tahun tersebut. Jumlah itu meningkat cukup tajam bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pada 2017, misalnya, ATM yang ditutup di Inggris "hanya" berjumlah 1.400. Dua juta warga Inggris dilaporkan hanya melakukan transaksi menggunakan uang tunai sekali dalam sebulan.

Keadan ini bikin 8 juta orang Inggris yang bergantung pada transaksi tunai jadi ketakutan. Bagi mereka, beralih ke transaksi digital bukan hal yang mudah atau bahkan memungkinkan untuk dilakukan. Senjakala ATM terjadi di tanah kelahiran mesin tersebut.

Related

Technology 5099142597414583774

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item