Biografi Isaac Asimov, Ilmuwan Sekaligus Penulis Produktif Dunia

Biografi Isaac Asimov, Ilmuwan Sekaligus Penulis Produktif Dunia

Naviri Magazine - Isaac Asimov dilahirkan pada 2 Januari 1920 di Petrovichi, Smolensk Oblast, RSFSR (kini Rusia) dari pasangan Anna Rachel Berman Asimov dan Judah Asimov, pasangan Yahudi yang bekerja di penggilingan. Mereka pindah ke Amerika Serikat saat dia berusia tiga tahun.

Tumbuh besar di Brooklyn, New York, dia belajar membaca sendiri pada umur lima tahun. Orang tuanya memilki toko permen dan seluruh anggota keluarga diharapkan akan bekerja di tokonya. Asimov melihat majalah-majalah fiksi ilmiah di toko tersebut dan mulai membacanya. Pada saat remaja, dia mulai menulis ceritanya sendiri, dan tak lama kemudian mulai menjualnya ke majalah-majalah fiksi.

Dia lulus dari Universitas Columbia pada 1939 dan mengambil gelar doktor (Ph.D) dalam bidang kimia, pada tahun 1948. Dia lalu bergabung dengan fakultas Universitas Boston, di mana dia kemudian menjadi rekanan setelahnya, meski bukan dalam kapasitas sebagai pengajar. Universitas tersebut berhenti memberinya gaji pada tahun 1958, saat gajinya dari menulis sudah melebihi jumlah yang diterimanya dari mengajar.

Asimov kemudian menjadi profesor muda dan dinaikkan pangkat menjadi profesor penuh pada 1979. Sejak tahun 1965, tulisan-tulisan pribadinya telah diarsip di Perpustakaan Peringatan Mugar (Mugar Memorial Library) di universitas tersebut. Pada 1985, dia menjadi Presiden Asosiasi Humanisme Amerika, dan menjabat hingga kematiannya pada tahun 1992; penggantinya adalah temannya, Kurt Vonnegut, Jr.

Asimov berharap dapat menulis 500 buku, namun tidak berhasil mencapainya; dia "hanya" menghasilkan sekitar 463 buku. Jika seluruh judul, cerita, dan koleksi yang disunting dihitung, saat ini ada 509 karya dalam bibiliografi lengkapnya.

Related

Science 8525912353011612482

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item