Ini Panduan dan Upaya Mencegah Serangan Hernia (Turun Berok)

Ini Panduan dan Upaya Mencegah Serangan Hernia (Turun Berok)

Naviri Magazine - Secara sederhana, hernia menimbulkan turunnya buah zakar, seiring melemahnya lapisan otot dinding perut yang membuat usus melorot melalui lubang locus minoris. Penderita hernia memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak, karena cenderung aktif beraktivitas dengan stamina tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga diderita oleh wanita.

Awalnya, karena ada tekanan besar, usus keluar melalui lubang locus minoris tadi. Pada turun berok ringan, usus yang melorot bisa masuk kembali ke perut ketika dalam posisi tidur. Namun, bila sudah parah, usus tidak bisa masuk lagi ke perut, dan terjepit. Usus yang terjepit ini tidak memperoleh suplai darah, sehingga akhirnya mati dan membusuk. Jika terus dibiarkan, dapat mengakibatkan masalah serius.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan, sebagai upaya untuk menghindari hernia atau turun berok.

- Gunakan teknik mengangkat yang benar. Jangan gunakan otot punggung, tapi selalu gunakan otot kaki Anda untuk mengangkat beban, dan pakailah dukungan penahan di saat melakukan kegiatan berat.

- Konsultasikan ke dokter apabila ada kesulitan saat buang air kecil. Hernia juga dapat disebabkan karena kesulitan buang air kronis. Penyebab sulitnya buang air kecil perlu ditentukan dan diobati oleh dokter.

- Usahakan jangan sampai mengalami berat badan berlebih.

- Berolahraga secara teratur, banyak makan serat untuk menghindari sembelit, banyak minum, dan segera ke toilet bila merasa "kebelet" untuk buang air.

Jika hernia kian membesar, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, apakah untuk mencegah matinya usus perlu dilakukan operasi atau tidak. Namun, bila tonjolan turun beroknya masih kecil, ada kemungkinan bisa pulih dengan sendirinya. Usahakan untuk tidak terlalu banyak melakukan kegiatan yang membuat tubuh mengejan atau menganggkat beban terlalu berat.

Related

Health 4760882771714057259

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item