Gateshead Millennium Bridge, Jembatan Paling Unik di Inggris

Gateshead Millennium Bridge, Jembatan Paling Unik di Inggris

Naviri Magazine - Gateshead Millennium Bridge adalah jembatan untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki, yang membentang di atas Sungai Tyne di Inggris. Menariknya, jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan dengan kemiringan paling ekstrem di dunia.

Jembatan ini pada dasarnya mencakup dua kurva, satu membentuk dek dan yang satunya mendukung lainnya. Kalau dilihat dari atas, bentuknya seperti mata yang berkedip, hingga jembatan ini sering disebut Blinking Eye Bridge atau Winking Eye Bridge.

Jembatan ini, sebagaimana dilansir amusingplanet, biasanya berputar sebanyak 40 derajat per 45 menit, atau tergantung kecepatan angin.

Saking kerennya, jembatan ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan, seperti Wilkinson Eyre the 2002 Royal Institute of British Architects (RIBA) Stirling Prize, the 2003 Gifford IStructE Supreme Award, dan the Outstanding Structure Award from International Association for Bridge and Structural Engineering (IABSE) pada 2005.

Gateshead Millennium Bridge, Jembatan Paling Unik di Inggris

Related

Traveling 7634799388386520806

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item