Ini 7 Kasus Perampokan Kuburan yang Sangat Menggemparkan

 Ini 7 Kasus Perampokan Kuburan yang Sangat Menggemparkan

Naviri Magazine - Kasus perampokan tidak hanya terjadi pada rumah yang ditinggali manusia hidup, tapi juga bisa terjadi pada kuburan yang tentunya ditempati orang yang telah meninggal. Lalu apa yang bisa dirampok dari kuburan? Tentu saja jasad si mayat, atau kain kafan yang membungkusnya.

Mengapa ada orang yang sampai merampok kuburan? Biasanya karena termotivasi untuk memiliki ilmu hitam. Karenanya, para perampok kuburan biasanya orang yang menggeluti ilmu hitam tertentu, dan mereka mencuri atau merampok kuburan untuk menyempurnakan ilmunya. Berikut ini 7 kisah di antaranya.

Makam dibongkar untuk jimat

Diawali dengan kasus perampokan makam di Sendang Citra, Tasikmalaya, Jawa Barat. Saat itu, warga gempar kala mengetahui salah satu kuburan di pemakaman desa setempat telah dibongkar. Makam tersebut milik seorang ibu muda yang baru sepekan meninggal dunia.

Aksi pembokaran makam diketahui kerabat korban, usai berlatih kasidah. Keluarga curiga melihat cahaya dan suara cukup keras di dekat makam. Setelah dihampiri, ternyata pelaku yang bernama Nanang tengah menggali kuburan.

Ironisnya, pelaku adalah tetangga dekat korban, yang diketahui sudah duda. Di hadapan polisi, Nanang mengaku nekat menggali makam tetangganya sendiri, untuk mencari kesaktian. Berdasarkan arahan orang pintar yang jadi gurunya, Nanang hendak mencuri tali dan kain kafan yang dipercaya bisa menjadi jimat.

Selain bisa menyembuhkan berbagai penyakit, tali pocong dan kain kafan jenazah perempuan yang meninggal mendadak dipercaya bisa digunakan untuk ilmu pelet. Jika terbukti tidak mengalami kelainan jiwa, Nanang terancam hukuman penjara atas perbuatannya.

Empat tali pocong lenyap

Berikutnya adalah kasus perampokan makam di Desa Melinjo, Kecamatan Rairoso, Lumajang. Warga desa Lumajang digegerkan dengan hilangnya empat tali pocong mayat di empat makam. Warga pun ramai-ramai mendatangi tempat kejadian di desa setempat.

Anehnya, tali pocong yang hilang di empat makam tersebut adalah tali di bagian kaki. Kejadian tersebut diketahui saat salah satu warga hendak mengambil bambu di salah satu makam. Ia kaget melihat lima makam kondisinya telah berantakan. Polisi yang mendapatkan laporan langsung datang untuk melakukan olah tempat kejadian perkara.

Pencurian 22 jasad bayi

Tahun 2011 silam, kasus pencurian jasad bayi di sejumlah pemakaman Sidoarjo, Jawa Timur, sangat meresahkan warga. Tak tanggung-tanggung, jumlah kuburan yang digali terus bertambah hingga lebih dari 22 kuburan.

Guna melakukan penyelidikan, aparat gabungan dari Polsek Sedati dan tim laboratorium Polda Jawa Timur melakukan olah tempat kejadian perkara. 22 buah makam yang dibongkar di antaranya 15 di desa Bonosari, 2 makam di desa Alas Tipis, serta di desa Semampir 5 makam.

Namun, berdasarkan laporan masyarakat, masih terdapat dua makam lainnya di kecamatan Waru yang juga dibongkar. Polisi menyimpulkan, pelaku sengaja mengincar jasad bayi berusia satu hari hingga dua tahun.

Untuk mengatasi berulangnya kasus serupa, warga dusun Bonosari melakukan penjagaan. Selain itu, warga juga meminta bantuan kepada pemuka agama setempat. Diduga kuat pelakunya adalah penganut ilmu hitam.

81 makam dibongkar paksa

Peristiwa pembongkaran makam yang terjadi di tempat pemakaman umum di desa Cihuni, kabupaten Tangerang pada 2014 silam membuat geger warga. Terdapat 81 makam warga desa Cihuni yang sudah dalam keadaan terbongkar, tanpa jenazah dan hanya tersisa kain kafan yang tertinggal.

Polisi yang mendapat laporan warga langsung mendatangi area pemakaman, dan melakukan olah tempat kejadian perkara. Warga sebelumnya sempat memergoki 3 orang pelaku yang tengah melakukan pembongkaran di tempat pemakaman umum di desa Cihuni. Namun, ketika hendak didekati, ketiga pelaku tersebut berhasil lari. Warga berharap pihak kepolisian bisa menangkap pelaku pembongkaran tersebut.

Pencurian jasad bayi kembar

Selanjutnya adalah kasus perampokan makam yang terjadi di Cilacap, Jawa Tengah pada Februari 2013 lalu. Tepatnya di pemakaman umum Sabuk Janur. 3 buah makam, yang terdiri dari sepasang bayi kembar dan seorang gadis berusia 24 tahun, telah porak poranda. Tak hanya dibongkar, beberapa bagian tubuh jasadnya telah hilang dicuri.

Pelaku pembongkaran tiga makam tersebut, yaitu pria bernama Resi, akhirnya ditangkap polisi. Dengan alasan mendapat bisikan gaib, Resi mencuri kain kafan dan organ tubuh orang yang telah meninggal dunia. Resi percaya, mencuri kain kafan dan sebagian tubuh orang meninggal akan membuatnya memiliki kemampuan untuk hilang dan terbang.

Jenazah yang meninggal Jumat Kliwon

Sebuah makam di Kendal, Jawa Tengah, dibongkar dan dicuri tali pocong jenazahnya. Warga Dukuh Ngorowito, Desa Rejosari, pun geger karena peristiwa tersebut. Makam yang dibongkar adalah milik seorang wanita bernama Sumiati yang baru meninggal seminggu sebelumnya. Sumiati meninggal dunia pada Kamis malam Jumat Kliwon.

Kejadian ini diketahui setelah suami almarhumah hendak berziarah. Untuk memastikan kondisi jenazah, pihak keluarga membongkar makam, dan diketahui tali pocong di bagian kepala dan kaki telah hilang. Belum diketahui motif pencurian tali pocong jenazah ini, namun dugaan sementara pelaku mencuri tali pocong untuk ilmu hitam.

Pencurian tali pocong di Banyuwangi

Peristiwa serupa juga terjadi pada Agustus 2011 silam. Makam seorang pria asal Banyuwangi menjadi sasaran pencuri. Makam itu dibongkar orang tak dikenal, setelah pemakaman. Tiga tali pocong jenazah almarhum yang meninggal Selasa Kliwon ini diketahui telah lenyap. Pencurian berbau mistis ini terjadi pada malam hari, ketika warga sedang shalat tarawih.

Setelah kejadian ini, makam itu setiap hari dikunjungi warga. Selain mendoakan almarhum, warga melakukan pengawasan di sekitar lokasi. Diperkirakan, pelakunya orang yang sedang mendalami ilmu hitam. Konon, pelaku mempercayai kain kafan orang yang meninggal pada Selasa Kliwon bisa digunakan untuk media kenaikan tingkat ilmu hitam.

Related

World's Fact 6248753960800973272

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item