Misteri Nama Asli Joker, Musuh Terbesar Batman

Misteri Nama Asli Joker, Musuh Terbesar Batman

Naviri Magazine - Sebagai salah satu karakter villain yang ikonik, film Joker menjadi cerita tentang Joker pertama yang menceritakan backstory hingga nama lengkapnya. Dalam komiknya, latar belakang Joker smasih menjadi misteri hingga sekarang.

Todd Phillips membuat Joker sebagai seorang stand-up comedian bernama Arthur Fleck, yang mencoba berkarier di Kota New York. Arthur Fleck merasa dirinya ditolak oleh society karena kondisinya yang memiliki pathological laughter.

Fans berat Joker di komiknya bertanya-tanya, kenapa Todd Phillips memilih nama Arthur Fleck, padahal DC sendiri sudah memberikan nama resmi untuk Joker, yaitu Jack Napier.

Nama Jack Napier tidak pernah tercatat di komik DC hingga Sean Gordon Murphy pada tahun 2017 mengumumkan bahwa komik Batman: White Knight akan menggunakan nama Jack Napier. Sejak saat itu, nama lengkap Joker digunakan pertama kali dan digunakan untuk komik lainnya.

Para fans tidak merasa asing dengan nama Jack Napier. Jack Napier adalah nama orang yang menjadi Joker pada film Batman (1989) karya Tim Burton. Kemudian, nama tersebut juga digunakan pada salah satu episode di Batman: The Animated Series. Walaupun nama Jack Napier lebih dipertimbangkan sebagai nama alias dibandingkan nama resminya.

Omong-omong tentang nama alias, Joker punya banyak nama alias, seperti The Red Hood, Dr. J. Reko, Dr. Laffo, Melvin Reipan, Jack White, dan masih banyak lagi.

Selama ini kemunculan Joker tanpa adanya latar belakang yang jelas membuat dirinya menjadi tidak manusiawi, karena saking misteriusnya. Ini membuat nama resminya tidak terlalu dipedulikan oleh para fans, dan membuat Todd Phillips bisa membuat konsep Joker yang baru dengan namanya sendiri.

Todd Phillips tidak hanya menciptakan nama Arthur Fleck, tapi ia juga memberikan latar belakang dan motivasi yang jelas dari Joker.

Joaquin Phoenix pun turut berkontribusi dalam membuat konsep Joker yang akan ditampilkan berbeda dengan Joker yang pernah muncul di film lain. Ia menghabiskan waktunya membaca buku tentang pembunuhan dan political assasins untuk membantunya memberi Joker latar belakang yang realistis.

Lupakan terlebih dulu The Killing Joke karya Alan Moore, Todd Phillips dan Joaquin Phoenix akan memberikan kisah Joker yang berbeda dari versi komiknya. Sepertinya, kita akan menerima seorang Joker yang baru, dan lepas dari bayang-bayang Heath Ledger di The Dark Knight Returns.

Related

Film 3508705183207914553

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item