Ternyata Ini Penyebab Kadal Memutus Ekornya Sendiri

Ternyata Ini Penyebab Kadal Memutus Ekornya Sendiri

Naviri Magazine - Setiap hewan memiliki cara khusus dalam mempertahankan diri. Ketika merasa terancam oleh penyerang, kadal biasanya akan memutuskan atau menanggalkan ekornya, lalu melarikan diri.

Meski telah terputus dari badannya, ekor kadal masih dapat bergerak-gerak, karena saraf di dalamnya belum mati. Gerakan ekor itu pun cukup lama.

Hewan lain yang menyerang kadal akan terkejut saat melihat ekor kadal terputus dan bergerak-gerak, sementara kadal bisa kabur menyelamatkan diri. Meski begitu, kadal tidak terlalu merisaukan ekornya yang putus, karena dapat tumbuh kembali.

Bagaimana kadal bisa memutuskan ekornya dengan mudah? Bagian ujung tulang belakang kadal bercabang. Ketika kadal diserang, otot ekornya akan mengeras, dan bagian bercabang di ujung tulang belakangnya akan putus.

Ekor yang putus itu akan dapat tumbuh kembali, karena kadal memiliki sel yang dapat mengeluarkan ekor baru, dan pada ekor barunya tidak terdapat tulang belakang, hanya tulang rawan.

Related

Science 8830335245004366620

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item