Vanda Frankieana, Spesies Anggrek yang Baru Ditemukan di Indonesia

Vanda Frankieana, Spesies Anggrek yang Baru Ditemukan di Indonesia

Naviri Magazine - Vanda frankieana adalah nama untuk spesies bunga anggrek yang baru ditemukan di Indonesia. Spesies anggrek baru itu ditemukan oleh Destario Metusala (ilmuwan LIPI—Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang bekerjasama dengan P. O’Byrne, seorang pakar anggrek dari Singapura.

Vanda frankieana tumbuh secara alami di Kalimantan, dan memiliki 1 sampai 5 kuntum bunga yang cukup besar, kaku, serta mengilat seperti berlilin. Lebarnya 3,8 sampai 4,4 sentimeter, dan dapat tumbuh hingga setinggi 50 sentimeter. Jenis anggrek ini berbunga pada bulan November, Desember, Februari, dan Maret. Warna bunganya kuning cerah, dengan totol merah marun.

Sekadar catatan, usaha mendeskripsikan anggrek ini sebagai spesies baru sudah dilakukan sejak 140 tahun lalu.

Apa sih sporogonium itu?

Sporogonium adalah badan penghasil spora, yang terdiri dari vaginula (kaki), seta (tangkai), apofisis (ujung seta yang melebar), kotak spora atau kaliptra (tudung), dan kolumela (jaringan dalam kotak spora yang tidak ikut membentuk spora).

Related

Science 8403045170394726502

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item