Kisah Kelahiran Joker yang Menyulut Sengketa di Dunia Komik

Kisah Kelahiran Joker yang Menyulut Sengketa di Dunia Komik

Naviri Magazine - Brian K. Eason, dalam uraian berjudul “Dark Knight Flashback: The Joker, Part I” dalam Comic Book Resources (2008), menyebut penciptaan karakter Joker dikreditkan atas nama tiga orang, yakni Bill Finger, Bob Kane, dan Jerry Robinson. Namun, Finger dan Kane nantinya berselisih dengan Robinson.

Finger dan Kane sama-sama berprofesi sebagai penulis yang turut melahirkan karakter-karakter DC Comics pada periode awal. Sedangkan Robinson adalah seniman gambar yang disebut-sebut pernah menjadi asisten Kane.

Menurut klaim Finger, ia terinspirasi sosok Joker dari karakter Gwynplaine yang digambar Conrad Veidt, dan muncul dalam novel The Man Who Laughs (1869) karya Victor Hugo. Gwynplaine ditampilkan dengan wujud pria berwajah rusak, dan punya seringai lebar yang menakutkan, sama seperti yang nantinya menjadi salah satu ciri khas Joker.

Dari situ, tulis Sean O’Neal lewat artikel bertajuk “R.I.P. Jerry Robinson, Creator of the Joker dalam The A.V. Club (2011), Robinson kemudian membuat sketsa kartu permainan bergambar Joker pada 1940.

Sengketa terjadi saat Finger dan Kane berpolemik dengan Robinson mengenai pencipta karakter Joker. Robinson mengklaim bahwa Joker merupakan hasil ciptaannya dari kartu permainan yang digambarnya itu.

“Aku ingin sesuatu yang khas, sesuatu yang tak biasa, yang menyeramkan, yang akan dikenang seperti Hunchback of Notre Dame [dalam karakter Quasimodo] atau sosok jahat lainnya dengan ciri fisik yang unik,” tandas Robinson dikutip dari Daily Mail.

Robinson menyebut, Finger dan Kane hanya berperan dalam penulisan kisahnya. Namun, Finger dan Kane membantah. Mereka menyatakan bertanggung jawab atas terciptanya karakter Joker yang kemudian digambar Robinson.

Alasannya, Finger terinspirasi sosok Joker dari karakter Gwynplaine versi Veidt, sedangkan Kane adalah orang yang mempekerjakan Robinson saat masih muda, dan belum terlalu dikenal sebagai seniman mumpuni.

Dalam wawancara dengan Entertainment Weekly's pada 17 Mei 1994, Kane mengatakan dengan tegas: “Bill Finger dan aku menciptakan Joker. Bill adalah penulisnya [...] Jerry Robinson sama sekali tidak ada hubungannya dengan itu, tetapi dia akan selalu mengatakan dia menciptakannya, sampai dia mati.”

Dinukil dari laporan The New York Times, perselisihan antara Finger dan Kane dengan Robinson tetap terpelihara amat lama, tidak pernah selesai hingga ketiga orang ini meninggal dunia.

Kendati begitu, nama Joker justru tetap berkibar dan terus dikenang sebagai lawan abadi Batman. Sosok kejam ini bahkan telah terdaftar sebagai salah satu penjahat buku komik dan karakter fiksi terbesar yang pernah dibuat.

Related

Entertaintment 7656876039430472916

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item