Anak-anak Muda Hebat Indonesia yang Masuk Forbes 30 Under 30 (Bagian 1)

Anak-anak Muda Hebat Indonesia yang Masuk Forbes 30 Under 30

Naviri Magazine - Forbes 30 Under 30 Asia dirilis Forbes sebagai daftar pengusaha muda sukses di wilayah Asia Pasifik. Dalam daftar tersebut, 17 pengusaha muda Indonesia masuk di dalamnya.

Dalam daftar para wirausahawan muda dari 23 negara yang mencakup 10 bidang industri,  terdapat 17 generasi muda Indonesia yang sukses dalam membangun bisnisnya.

Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya?

James Prananto (Cofounder Kopi Kenangan)

Kopi Kenangan didirikan Edward Tirtanata dan James Prananto. Duo ini memadukan warung kopi pinggir jalan dan kafe kelas atas, sehingga menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Tak heran, Kopi Kenangan kini menjadi jaringan kedai kopi dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Tahun ini, Kopi Kenangan menargetkan menambah hingga 130 gerai, dan menjual 3 juta cangkir kopi setiap bulan. Perusahaan tersebut baru-baru ini mendapat dana US$8 juta dari Alpha JWC Ventures.

Amanda Cole (Founder Sayurbox)

Amanda Cole memutuskan berhenti dari pekerjaannya dengan membantu petani dalam memotong tengkulak, sehingga petani bisa menikmati harga lebih adil.

Caranya, dengan meluncurkan Sayurbox, platform sumber dan distribusi untuk sayur segar. Untuk itu, wanita 28 tahun tersebut bermitra dengan 300 perkebunan, di mana Sayurbox melayani 50.000 pelanggan, dan menghasilkan 1.000 pengiriman sehari.

Dia memenangkan kompetisi startup Seedstars Jakarta, dan telah menerima lebih US$2 juta dalam bentuk pendanaan.

Aruna Harsa (Cofounder Dekoruma)

Aruna Harsa merupakan salah satu pendiri Dekoruma, sebuah platform dekorasi rumah yang menghubungkan pelanggan dengan desainer, pemasok, dan vendor interior.

Layanan ini juga memungkinkan produsen untuk mendistribusikan produk mereka langsung ke pasar massal, dan menawarkan harga transparan kepada pelanggan.

Angky William (Cofounder Stoqo)

Angky William hengkang dari Amazon dan mendirikan Stoqo, pasar B2B untuk gerai makanan dan minuman ringan, untuk mendapatkan bahan-bahan segar, andal, dan harga bersaing.

Mantan insinyur ini membangun teknologi multi-platform untuk Stoqo, untuk melayani puluhan ribu pelanggan di Indonesia.

Aries Susanti (Atlet Panjat di Federasi Panjat Tebing Indonesia)

Aries Susanti merupakan pendaki Indonesia yang memenangkan medali emas dalam kejuaraan panjat tebing Asian Games 2018.

Juara dunia dua kali berturut-turut selama IFSC Climbing World Cup di 2017 dan 2018 ini dijuluki ‘Spiderwoman’, karena dinilai sebagai salah satu pendaki yang cepat di tingkat dunia.

Benz Budiman (Cofounder Pomona Technologies)

Benz Budiman merupakan salah satu pendiri dan CEO Pomona, sebuah startup adtech yang berfokus pada industri FMCG Indonesia.

Pomona dimulai sebagai aplikasi seluler yang menawarkan promosi cashback kepada pengguna untuk pembelian bahan makanan offline mereka, sebelum berputar untuk menawarkan data konsumen pada akhir 2017.

Sejak didirikan pada 2016, Pomona telah mencapai 200.000 pengguna dan telah didukung oleh investor seperti Stellar Kapital, Central Capital Ventura (Grup BCA), Capital Data Batas, Prasetia, dan Fenox VC.

Denica Flesch (Founder SukkhaCitta)

Denica Flesch merupakan ekonom dan pendiri SukkhaCitta, sebuah perusahaan sosial yang memproduksi batik sutra katun yang siap pakai dan ramah lingkungan. Bisnis ini membantu mendukung perajin pedesaan di Jawa Tengah melestarikan kerajinan batik kuno mereka.

Setiap item pakaian memberikan upah layak bagi perajin. Sebelum bergabung dengan SukkhaCitta, ia adalah konsultan dalam program pembangunan sosial di Bank Dunia.

Gitta Amelia (Founder EverHaus)

Lulusan Wharton School di University of Pennsylvania, Amerika Serikat, ini memulai EverHaus, sebuah perusahaan modal ventura dengan modal awal US$5 juta yang berfokus pada Indonesia.

Gitta Amelia sebelumnya memulai Think Nusantara, sebuah publikasi online untuk anak muda Indonesia, untuk memperdebatkan perkembangan holistik negara ini.

Baca lanjutannya: Anak-anak Muda Hebat Indonesia yang Masuk Forbes 30 Under 30 (Bagian 2)

Related

Figures 8213023655012925269

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item