Mewaspadai Masalah-masalah yang Bisa Timbul Pada Gusi

Mewaspadai Masalah-masalah yang Bisa Timbul Pada Gusi

Naviri Magazine - Tidak banyak orang yang memperhatikan gusi mereka, sesering mereka memperhatikan atau merawat gigi. Padahal, gusi mempunyai peranan yang tidak kalah penting dari bagian-bagian lainnya pada mulut. Peran penting ini pula yang mengharuskan Anda menjaga kesehatan gusi dengan baik.

Gusi adalah penyangga keberadaan gigi di dalam mulut. Gusi juga merupakan pelindung agar gigi dan jaringan gigi dari faktor eksternal yang mungkin merusak gigi. Gusi menghalangi bakteri dan kuman yang ada di mulut, agar tidak masuk ke sela-sela gigi dan mengiritasi akar gigi. Dengan demikian, gigi tidak cepat rusak dan tanggal.

Mengingat peranan penting gusi, jika gusi Anda berdarah saat menyikat gigi atau memakai floss, Anda harus bertindak. Gusi berdarah sepertinya tidak serius, apalagi jika tidak terasa sakit. Tapi itu tanda-tanda nyata terjadinya penyakit gusi . Jika dibiarkan, penyakit gusi akan menjadi masalah serius.

Namun jangan khawatir, karena merawatnya akan lebih mudah jika Anda menanganinya sejak awal. Pastikan saja Anda memperhatikan gejala-gejalanya, dan melakukan beberapa langkah mudah dalam rutinitas kesehatan mulut sehari-hari. Yuk lihat daftar masalah-masalah pada gusi ini.

Masalah-masalah pada gusi:
  • Gusi bengkak
  • Gusi berdarah
  • Gusi menyusut
  • Napas tidak sedap
  • Gigi tanggal

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gejala itu, Anda harus membuat perjanjian dengan dokter gigi. Dokter akan menentukan perlakuan terbaik untuk kondisi yang Anda alami. Dengan demikian, masalah pada gusi tidak memburuk dan dapat segera diatasi.

Related

Health 310131044965689015

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item