Indonesia, Negara yang Terkaya Dalam Keanekaragaman Biota

Indonesia, Negara yang Terkaya Dalam Keanekaragaman Biota

Naviri Magazine - Bentangan terumbu karang yang terbesar dan terkaya dalam jumlah spesies karang, ikan, dan moluska, terdapat pada regional Indo-Pasifik yang terbentang mulai dari Indonesia sampai ke Polinesia dan Australia, lalu ke bagian barat—Samudera Pasifik sampai Afrika Timur.

Indonesia menjadi tempat bagi sekitar 1/8 terumbu karang dunia, dan merupakan negara yang kaya keanekaragaman biota perairan dibanding negara-negara Asia Tenggara lainnya. Indonesia juga memiliki potensi terumbu karang terbesar di dunia.

Luas terumbu karang di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 60.000 kilometer persegi, dan hal itu membuat Indonesia menjadi negara pengekspor terumbu karang pertama di dunia.

Terumbu karang adalah salah satu komponen utama sumber daya pesisir dan laut, di samping hutan bakau atau hutan mangrove. Terumbu karang dan segala kehidupan yang ada di dalamnya merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya.

Terumbu karang yang luas di Indonesia tersebar dari perairan kawasan barat sampai kawasan timur Indonesia. Contohnya adalah ekosistem terumbu karang di perairan Maluku dan Nusa Tenggara.

Related

World's Fact 3588838047104620610

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item