Spinosaurus, Monster Prasejarah yang Menjadi Musuh T-Rex

Spinosaurus, Monster Prasejarah yang Menjadi Musuh T-Rex

Naviri Magazine - Spinosaurus merupakan dinosaurus pemakan daging (Karnivora). Ia merupakan dinosaurus pemakan daging terbesar selain T-rex. Dinosaurus yang memperoleh makanan dengan menyerang dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan, bangkai, atau saling memakan sesama jenisnya.

Pada punggungnya terdapat tulang belakang yang ditutupi kulit. Bagian ini dipenuhi pembuluh darah yang memungkinkan ia dapat menghangatkan tubuh sebelum berburu. Namun sekarang spinosaurus telah punah.

Kerangka spinosaurus ditemukan di sepanjang Afrika bagian utara, di daerah yang sekarang dikenal dengan Mesir, Maroko, Tunisia, dan Nigeria. Di pertengahan zaman Cretaceous, pada saat spinosaurus hidup, daerah ini dipenuhi hutan lebat.

Fosil lain yang berhubungan erat dengan spinosaurus ditemukan di gurun Sahara, pada 1998. Namanya Suchomimus, makhluk ini memiliki rahang panjang yang menyempit. Namun, tidak seperti spinosaurus, ia memiliki sebarisan duri tajam kecil pada punggungnya, dan bukan layar yang tinggi.

Beberapa ahli dinosaurus berpendapat bahwa tulang punggung spinosaurus memuat segumpal lemak, mirip unta saat ini. Gumpalan ini membantu melindungi dinosaurus dari panas Afrika bagian utara, dan mungkin berfungsi sebagai cadangan makanan pada saat makanan sulit ditemukan.

Related

Science 4831153721922081955

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item