Ternyata, Tidak Semua Startup Sukses Didirikan Anak Muda

Ternyata, Tidak Semua Startup Sukses Didirikan Anak Muda

Naviri Magazine - Kala mendirikan Facebook, media sosial terbesar di dunia, Mark Zuckerberg masih berusia 19 tahun. Lalu, saat bekerja sama dengan Paul Allen mendirikan Microsoft, Bill Gates baru berusia 19 tahun. Demikian pula Apple. Perusahaan yang menciptakan iPhone, iPad, hingga MacBook ini didirikan oleh Steve Jobs yang masih berusia 21 tahun.

Di Indonesia, saat mendirikan Gojek, Nadiem Makarim masih berusia 26 tahun, sementara Tokopedia didirikan William Tanuwijaya yang menginjak 28 tahun pada 2008.

"Kecerdasan cair" (fluid intelligence) disebut-sebut sebagai salah satu alasan mengapa anak muda sanggup menciptakan terobosan baru di berbagai bidang.

Sebagaimana ditulis J.L. Horn dan Raymond Cattell dalam “Age Differences in Fluid and Crystallized Intelligence” (1967), kecerdasan cair adalah kemampuan berpikir secara fleksibel dan sederhana. Keberanian mengambil risiko pada orang-orang dengan tingkat kecerdasan cair tinggi, dinilai membantu mengembangkan ide-ide segar.

Kecerdasan cair dengan tingkat yang sangat tinggi dimiliki anak muda, khususnya di usia 20-an, dan lambat laun menurun mengikuti perkembangan usia.

Mitos

Sayangnya, anak muda dengan startup sukses, seperti Zuckerberg, Jobs, hingga Nadiem, adalah pengecualian. Studi Pierre Azoulay (Massachusetts Institute of Technology), Ben Jones (Northwestern University), J. Daniel Kim (University of Pennsylvania), dan Javier Miranda (United States Census Bureau), menyatakan bahwa mayoritas perusahaan rintisan teknologi sukses didirikan oleh orang-orang berusia cukup tua.

Riset yang dipublikasikan dalam “Age and High-Growth Entrepreneurship” yang disarikan The New York Times, meneliti 2,7 juta pendiri startup di Amerika Serikat. Riset tersebut mendefinisikan startup sukses berdasarkan indikator pertumbuhan jumlah karyawan yang meningkat dengan cepat dan pembukuan penjualan yang baik.

Rata-rata startup sukses ini didirikan oleh orang berusia 42 tahun. Namun, khusus untuk startup berpredikat paling sukses, yang hanya berjumlah 0,1 persen dari total populasi riset, rata-rata usia pendirinya ada di umur 45 tahun.

Temuan Zoulay dkk. berbanding terbalik dengan mitos anak muda sebagai pionir startup. Dalam sebuah kesempatan, Zuckerberg pernah menyatakan bahwa anak muda "memang jauh lebih pintar (dibandingkan orang tua)”. Pernyataan itu terdengar sebagai versi lain dari ucapan kapitalis ventura Vinod Khosla, bahwa “orang berusia di atas 40 tahun ibarat orang yang telah kehabisan ide”.

Namun, Zuckerberg dkk. lupa bahwa usia di atas 40 tahun adalah usia matang. Orang berusia kepala empat memiliki banyak bekal dan tidak sekadar berani berisiko untuk menciptakan startup yang sukses. Ini misalnya terjadi pada Tony Fadell, yang berusia 41 tahun tatkala mendirikan Nest.

Fadell mendirikan Nest selepas makan asam garam di Silicon Valley. Karier bermula sebagai pekerja General Magic dan Philips Electronic pada awal 1990-an. Pada tahun 2000-an, ia pindah ke Apple dan mengepalai proyek penciptaan pemutar lagu untuk iPod. Setelah merasa cukup, Fadell mendirikan Nest yang memproduksi thermostat alias alat pengukur suhu. Seiring waktu, Nest diakuisisi Google dengan nilai $3,2 miliar.

“Sudah 20 tahun lebih saya di Silicon Valley, dan saya memiliki jaringan pertemanan dengan orang-orang yang pernah bekerja dengan saya dahulu,” ucapnya suatu ketika.

Salah satu hal yang sukar dimiliki anak muda jika dibandingkan orang tua ialah jaringan pertemanan yang lebih luas. Pada kasus tertentu, jaringan pertemanan yang luas dapat dibaca sebagai koneksi ke kekuasaan.

Related

Business 8547952912269692883

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item