Hati-hati Bila Kompor Gas Memunculkan Api Merah Kekuningan, Efeknya Bisa Berbahaya!

Hati-hati! Bila Kompor Gas Memunculkan Api Merah Kekuningan, Efeknya Bisa Berbahaya

Naviri Magazine - Selain mengeluarkan api untuk mematangkan aneka hidangan Anda, ternyata kompor gas diyakini mengeluarkan racun pula, sehingga berbahaya untuk kesehatan. Namun, ada cara penanggulangannya.

Kandungan utama gas elpiji adalah propana dan butana. Keduanya golongan gas yang sangat mudah terbakar. Butana dan propana sebetulnya tidak berbau. Agar tabung bocor mudah dideteksi, kedua gas ini ditambah merkaptan yang berbau menyengat. Bau merkaptan inilah yang kita cium saat tabung elpiji bocor.

Begitu keluar dari sumbu kompor, kedua gas ini terbakar dan bereaksi dengan oksigen. Hasil utama dari reaksi ini adalah karbon dioksida (CO2), gas yang sama dengan hasil buangan dari pernapasan dan paru-paru kita.

Namun, jika tidak berlangsung dengan sempurna, pembakaran ini juga akan menghasilkan gas beracun karbon monoksida (CO). Ini merupakan gas racun yang harus kita hindari. Dalam konsentrasi tinggi, gas ini akan membuat kita lemas.

Bagaimana kita tahu pembakaran terjadi sempurna atau tidak? Butana, propana, karbon dioksida, maupun karbon monoksida, termasuk gas yang tidak berbau. Kita tidak bisa mendeteksinya dari bau. Salah satu ciri pembakaran elpiji yang tidak sempurna adalah warna nyalanya yang bukan berwarna biru, melainkan merah kekuningan.

Agar terhindar dari racun gas, rajin bersihkan tungku tempat gas keluar dan dibakar, agar nyala api selalu biru. Yang tak kalah penting, pastikan dapur memiliki sistem ventilasi yang baik.

Pastikan udara di dapur bisa bertukar dengan udara luar saat kita memasak. Pasalnya, gas karbon dioksida yang bukan termasuk racun pun bisa berbahaya, kalau jumlahnya terlalu banyak di dapur.

Nah, ternyata kompor gas tidak selalu mengeluarkan racun yang berbahaya, kan? Yang penting, kita bisa menjaga peralatan dengan baik. Yuk, selalu rawat alat dapur kita. Ternyata, ini bukan hanya soal keawetan, melainkan juga soal menjaga kesehatan. Selamat beraksi di dapur!

Related

Tips 2861676413659175767

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item