Benarkah Pria yang Pernah Terinfeksi Corona akan Impoten? Ini Penjelasan Dokter

Benarkah Pria yang Pernah Terinfeksi Corona akan Impoten? Ini Penjelasan Dokter, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Beredar kabar, pria yang positif terinfeksi virus corona baru atau Covid-19, meski sudah sembuh tetap berisiko mengalami gangguan, di antaranya di area intim. Disebutkan juga, virus ini dapat merusak fungsi testis pria.

Verifikasi fakta

Dari laman Daily Star, disebutkan belum ada penelitian ilmiah soal hubungan Covid-19 dapat membuat penurunan kesuburan atau memicu impotensi. Hanya saja, beberapa kasus yang tak disebutkan jumlahnya, ada temuan di Wuhan soal infeksi Covid-19 berdampak pada produksi sperma dan formasi hormon seks pria.

Tim dari Centre for Reproductive Medicine, Profesor Li Yufeng, mengatakan Covid-19 dominan menyerang bagian pernapasan dan sistem imun. Tapi juga berdampak pada kemampuan sistem reproduksi pria.

Ia menjelaskan, Covid-19 mengakibatkan kerusakan pada sel tubuh manusia. Sebab virus itu merusak sel dengan menempatkan protein virus, yang disebut angiotensin converting enzyme 2, ke dalam membran sel tubuh manusia.

Menurutnya, enzim tersebut bisa menyebar ke paru-paru dan seluruh organ, termasuk organ intim. Akibatnya, enzim virus itu menginfeksi area testis, dan mengubah konsentrasi sel di dalamnya, termasuk efek terhadap kesuburan.

Ia membandingkan dengan epidemi SARS yang mewabah ke 26 negara pada 2002-2003. Paramedis mengungkapkan temuan kerusakan serius di sistem imun tubuh, yang berkaitan dengan kondisi testis pria. SARS dan Covid-19 disebabkan keluarga virus yang sama namun berbeda jenis.

Baca laporan lengkap  » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Male 5699047153721557516

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item