Hasil Studi: Pasien Corona Paling Menular justru yang Gejalanya Ringan

Hasil Studi: Pasien Corona Paling Menular justru yang Gejalanya Ringan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Penelitian terbaru menemukan, pasien positif virus corona baru yang paling menular adalah pasien yang menunjukkan gejala awal atau ringan.

Studi ini dilakukan terhadap sembilan pasien di Jerman, dengan tingkat virus yang sangat tinggi di tenggorokan pasien tersebut ketika di awal penyakit mereka.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature itu memberikan gambaran sekilas tentang penyebaran penyakit yang cepat, dan memberikan panduan bagi rumah sakit yang kapasitasnya terbatas. Penelitian dipimpin oleh Christian Drosten dan Clemens Wendtner.

"Dalam situasi yang ditandai dengan terbatasnya kapasitas tempat tidur rumah sakit di bangsal penyakit menular, ada tekanan untuk pulang lebih awal setelah perawatan," bunyi dalam jurnal penelitian.

Banyak pasien yang menunjukkan gejala ringan dapat dengan aman dipulangkan ke rumah sendiri, setelah 10 hari mereka pertama kali menunjukkan tanda-tanda penyakit. Itu artinya, mereka yang jatuh sakit masih bisa menjalani kehidupan sehari-hari ketika mereka paling menular.

“Selain itu, ada kriteria yang memprediksi bahwa ada sedikit risiko sisa infektivitas, berdasarkan kultur sel,” tulis penelitian itu.

Penularan virus dari penyakit menurun secara signifikan setelah lima hari gejala pada tujuh dari sembilan pasien; dua lainnya mengembangkan tanda-tanda awal pneumonia dan memiliki tingkat virus yang tinggi, 10 atau 11 hari setelah jatuh sakit.

Membandingkan puncak titik menular untuk pasien COVID-19 dan SARS, para ilmuwan menemukan, mereka yang terinfeksi COVID-19 mengeluarkan 1.000 kali lebih banyak virus daripada mereka yang terinfeksi SARS. Dan puncak SARS datang kemudian, sekitar hari ketujuh hingga sepuluh, setelah pasien pertama kali jatuh sakit.

Namun, penelitian ini masih terbatas karena tidak ada kasus parah yang diamati, kata para ilmuwan. Sembilan pasien adalah ringan, semuanya rata-rata berusia muda sampai setengah baya, tanpa penyakit mendasar yang signifikan.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia

Related

Science 4255164526301780477

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item