Perlu Tahu, Kucing dan Anjing Bisa Tertular Virus Corona dari Manusia

Perlu Tahu, Kucing dan Anjing Bisa Tertular Virus Corona dari Manusia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, hewan bisa tertular virus corona SARS-CoV-2 dari manusia yang terkena penyakit Covid-19.

Hal ini diungkap peneliti LIPI, Sugiyono Saputra, atas kasus penularan Covid-19 terhadap kucing di Belgia dan anjing di Hong Kong. Ia mengatakan, mekanisme penularan itu dinamakan zooanthroponosis.

"Memang benar dari informasi yang saya dapat (hewan tertular Covid-19). Ini dinamakan zooanthroponosis, yakni penyakit infeksi yang dapat ditransmisikan dari manusia ke hewan," ujar Sugiyono.

Sugiyono menuturkan, Covid-19 bisa menular dari manusia ke hewan karena ada kecocokan Covid-19 dengan reseptor ACE2 (Angiotensin converting enzyme 2) pada hewan tersebut. ACE2 adalah enzim yang terdapat di luar permukaan sel yang ada di paru-paru, arteri, hati, ginjal dan usus.

Fenomena penularan kepada hewan ini, menurutnya, menjadi indikasi dugaan kalau Covid-19 memiliki jangakuan inang yang lebih luas.

Fakta awal, lanjut Sugiyono, dibuktikan dengan ditemukannya kasus seekor anjing di Hongkong dan seekor kucing di Belgia yang terinfeksi Covid-19.

"Mereka bisa terinfeksi melalui kontak langsung dengan penderitanya, dan sangat mungkin pula melalui benda yang terkontaminasi, mengingat kebiasaan mereka yang suka menjilat," ujarnya.

Lebih lanjut, Sugiyono membeberkan seekor kucing juga pernah terinfeksi Middle East Respiratory Syndrome (MERS) pada tahun 2003. Hal itu bahkan telah diuji secara laboratorium. Meski terinfeksi, Sugiyono mengatakan kucing tersebut tidak menunjukkan gejala.

"Namun mereka potensial untuk menyebarkan virus tersebut ke hewan lainnya," ujar Sugiyono.

Terkait dengan hal itu, Sugiyono mengimbau semua orang untuk tetap waspada selama pandemic Covid-19. Khusus untuk hewan peliharaan, pemilik diminta untuk menjaga kebersihan kandang dan lingkungan rumah secara umum.

Apabila pemilik terindikasi terinfeksi Covid-19, dia menyarankan tidak melakukan kontak dengan orang lain.

"Juga tidak berkontak dulu dengan hewan peliharaan di sekitar kita, untuk menghindari kemungkinan transmisi silang," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah Hong Kong memperingatkan warga untuk menghindari mencium hewan peliharaan. Tetapi warga juga diminta tak panik atau lantas menelantarkan anjing piaraan. Imbauan tersebut muncul setelah seekor anjing peliharaan di Hong Kong dinyatakan terbukti terinfeksi virus corona.

Hasil itu didapat usai Departemen Pertanian, Perikanan dan Konservasi (AFDC) kota tersebut berulang kali melakukan tes. Pemilik anjing jenis pomeranian tersebut memang terinfeksi Covid-19. Namun sang anjing sendiri tak menunjukkan gejala penyakit tersebut.

AFDC menyatakan, para ahli dari universitas, termasuk Badan Kesehatan Dunia (WHO), seperti dikutip AFP, telah sepakat dan dengan suara bulat menyatakan, "ini kemungkinan merupakan kasus penularan dari manusia ke hewan".

Pemerintah setempat juga mewanti pemilik hewan peliharaan di kota itu, untuk mempraktikkan perilaku hidup bersih. Termasuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menangani atau berada di sekitar hewan peliharaan.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Science 1995763843493545616

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item