Tips Memilih Sarung Tangan Motor yang Nyaman Digunakan Selama PSBB

Tips Memilih Sarung Tangan Motor yang Nyaman Digunakan Selama PSBB, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Berkendara menggunakan sepeda motor masih diperbolehkan, selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dengan tujuan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Tak cuma itu, setiap pengendara wajib mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan. Seperti tetap menggunakan masker, berboncengan dengan penumpang yang alamat rumahnya sama, serta pakai sarung tangan.

Untuk yang terakhir ini kerap disepelekan. Maka tidak heran masih ditemukan sejumlah pelanggar yang tidak menggunakan sarung tangan motor. Padahal, selain bertujuan sebagai tameng penyebaran virus, sarung tangan juga menjadi kelengkapan penting keselamatan berkendara.

Ragam sarung tangan mudah ditemukan di pasaran. Sebagai panduan memilih sarung tangan yang tepat dan nyaman digunakan, simak tips berikut ini.

Pilih bahan sesuai kondisi dan cuaca 

Umumnya ada dua bahan utama pembuatan sarung tangan motor: kulit dan kain. Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda.

Menurut Safety Riding Manager Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky, sebaiknya pilih bahan sarung tangan dengan menyesuaikan suhu di jalan. Artinya saat temperatur panas, lebih tepat pilih sarung tangan berbahan kain. Karena mudah menyerap keringat, dan pori-porinya membuat jemari tetap adem.

Sebaliknya, ketika berada di dataran tinggi atau daerah dengan intensitas curah hujan tinggi, ada baiknya pilih yang berbahan kulit.

"Sarung tangan berbahan kulit memiliki karakter yang lebih kaku dan sedikit mengurangi sensitivitas jari, sehingga perlu penyesuaian lebih, namun lebih aman melindungi jari dari gesekan," kata Lucky dalam keterangan resminya.

Wajib menutupi seluruh area jari 

Selain pertimbangan bahan, Lucky juga menyerukan pilih sarung tangan yang menutupi seluruh area tangan. Mulai dari ujung jari hingga pergelangan tangan.

"Juga perlu memilih sarung tangan yang memiliki pelindung tulang, agar dapat melindungi tangan secara maksimal," katanya.

Mudah dibersihkan 

Terakhir, pilih sarung tangan motor yang mudah dibersihkan. Sebab idealnya, kata Lucky, pelindung tangan tersebut wajib dicuci maksimal tiga kali dalam seminggu.

"Perawatan sarung tangan sangat penting untuk menjaga kualitas, mencegah bau dan berkembangnya kuman di dalam sarung tangan," jelasnya.

Untuk bahan kain, pilih bahan yang tidak memiliki ragam lekukan atau pelapis. Sehingga cara mencucinya cukup direndam dalam cairan air hangat yang dicampur sabun bayi.

Lalu gosok perlahan untuk merontokkan kotoran. Ini juga berlaku untuk sarung tangan kulit, karena proses pembersihannya berbeda, tidak boleh direndam supaya tidak rusak.

Cukup menyekanya menggunakan cutton buds untuk menghilangkan kotoran, pakai kombinasi cairan yang serupa. Lalu keringkan dengan kipas angin, sedangkan sarung tangan motor berbahan kain bisa di bawah sinar matahari.


Related

Tips 5647837438173555469

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item