Bunga Bangkai Setinggi 3,5 Meter Tiba-tiba Mekar di Cibodas

Bunga Bangkai Setinggi 3,5 Meter Tiba-tiba Mekar di Cibodas, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Salah satu bunga bangkai di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bogor, mekar kembali saat pergantian hari antara Sabtu (2/5) dan Minggu (3/5). 

Bunga bangkai ini adalah jenis Amorphophallus titanum. Tumbuhan yang ditanam sejak 2002 itu pertama kali mekar pada 2003. Ini merupakan bunga keenam dari individu yang sama. Sebelum mekar seperti sekarang, ia terakhir kali mekar pada 2017.

Humas Kebun Raya Cibodas mengatakan, bunga kali ini memiliki tinggi total 352 cm dan diameter mekar bunga 166 cm.

Bunga itu berasal dari Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat, yang dikoleksi oleh Alm. R. Subekti Purwantoro, dkk. Umbinya ditanam di Kebun Raya Cibodas pada tahun 2000.

Menurut Destri, peneliti Kebun Raya Cibodas, mekar bunga kali ini memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan peristiwa mekar bunga pada individu yang lain, dan juga berbeda dengan peristiwa mekar bunga sebelumnya pada individu yang sama, yaitu berbunga tanpa melewati masa dorman, di mana sebelum daun terakhir benar-benar habis membusuk, langsung muncul tunas bunga pada awal tahun ini. 

"Warna spadiksnya kuning, dengan sedikit bersemburat ungu dan hijau di beberapa bagian. Spatha-nya berwarna merah hati," kata Destri, dalam keterangan resmi.

Saat ini, Kebun Raya Cibodas mengoleksi sekitar 13 bunga bangkai. 

Amorphophallus titanum tidak sama dengan Rafflesia (bunga padma). Bunga bangkai termasuk suku talas-talasan (Araceae) sehingga memiliki umbi. Sedangkan Rafflesia merupakan tumbuhan parasit dengan pohon inang Tetrastigma. 

Related

News 6381316148840698070

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item