Dahlan Iskan: Ada BUMN, yang Saking Jeleknya, Kalah dengan Tukang Bakso

Dahlan Iskan: Ada BUMN, yang Saking Jeleknya, Kalah dengan Tukang Bakso, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Dahlan Iskan mengaku merasa gagal ketika menjabat Menteri BUMN periode 2011-2014. Kegagalan itu terjadi, terkait upayanya untuk mendorong adanya kemajuan perusahaan BUMN di bidang pangan. Pada zamannya, ada BUMN pangan yang kalah kinerjanya dengan bisnis swasta pedagang bakso.

"Sebetulnya, saya merasa gagal ketika menjadi menteri adalah ketika mendorong agar BUMN mempunyai perusahaan di bidang pangan yang se-raksasa-raksasanya," kata Dahlan Iskan dalam sebuah diskusi virtual bersama LP3ES.

Kegagalan yang dirasakan Dahlan ini berangkat dari sebuah pemikiran bahwa BUMN merupakan perusahaan milik negara. Sedangkan pangan adalah aspek terpenting dalam ketahanan negara.

"Seharusnya jangan sampai BUMN di bidang pangan lebih kecil dibanding BUMN yang di bidang bisnis pada umumnya, yang semua orang sudah bisa melakukan. Ini betul-betul terbalik. Tetapi saya merasa gagal di sini, bahkan saya hampir saja menjadi korban di situ," urai mantan Dirut PLN ini, tanpa menjelaskan soal istilah 'korban'.

Ia memang sempat tersangkut kasus hukum soal cetak sawah di Kalimantan.

Namun, Dahlan menyerukan bahwa pemikirannya harus terus dihidupkan. Dia menilai, agak memalukan jika BUMN kuat di bidang yang tidak terlalu terkait di bidang ketahanan negara, tetapi sangat lemah dalam bidang yang justru secara langsung terkait dengan kepentingan publik.

"Misalnya waktu itu saya sangat prihatin bahwa BUMN di bidang pangan kalah dengan bakso Blok S. Saking kecilnya dan saking jeleknya," urainya.

Dahlan melanjutkan, BUMN juga memalukan jika kalah bersaing terkait kemampuan ekspor. Menurutnya, ekspor adalah senjata yang sangat diperlukan oleh negara.

"Tetapi BUMN sangat lemah di bidang ekspor ini," beber pria kelahiran Magetan, Jawa Timur ini.

Related

News 7679538051649378299

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item