Jokowi: Kinerja Ekonomi Indonesia Lebih Baik Dibanding Negara Lain

 Jokowi: Kinerja Ekonomi Indonesia Lebih Baik Dibanding Negara Lain, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Presiden Jokowi membuka Sidang Kabinet Paripurna yang membahas Pagu Indikatif Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2021, lewat teleconference. Dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan bahwa kinerja ekonomi Indonesia masih lebih baik dibanding beberapa negara lain.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekonomi Indonesia year on year (YoY) di triwulan I tahun 2020 tumbuh 2,97 persen. Angka ini lebih lambat 2 persen dibandingkan dengan pertumbuhan di kuartal IV 2019, yang tumbuh 4,97 persen.

"Walaupun hanya tumbuh 2,97 persen, tapi dibandingkan dengan negara lain yang telah merilis angka pertumbuhannya, kinerja ekonomi negara kita relatif masih baik," kata Jokowi.

Jokowi membandingkan dengan beberapa negara lain yang mengalami kontraksi, membuat pertumbuhan ekonominya negatif. Cina turun dari +6 persen menjadi -6,8 persen, yang berarti YoY deltanya 12,8 persen. Prancis deltanya minus 6,25 persen, Hongkong delta 5,9 persen, Spanyol delta 5,88 persen, hingga Italia delta 4,95 persen.

Jokowi mengakui Covid-19 telah memukul perekonomian banyak negara. Indonesia pun termasuk ikut terdampak. Jokowi mengatakan ada beberapa subsektor yang berkontribusi negatif terhadap pertumbuhan di kuartal I 2020.

"Pangan, tanaman pangan -0,31, hati-hati dengan angka ini. Sekali lagi hati-hati dengan angka-angka ini. Pangan -0,31. Apalagi sudah beberapa kali saya sampaikan FAO peringatkan krisis pangan," kata Jokowi.

Karena itu ia mengingatkan agar sektor petanian harus digenjot agar terus berproduksi. Namun dorongan ini tetap harus dikuti dengan penerapan protokol kesehatan yang baik, karena situasi masih dalam status pandemi.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 7107582732053937711

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item