Kabar dari WHO: Vaksin untuk Virus Corona Sudah Diuji Coba ke Manusia

 Kabar dari WHO: Vaksin untuk Virus Corona Sudah Diuji Coba ke Manusia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan, vaksin merupakan cara yang paling efektif untuk menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19), yang saat ini telah menginfeksi jutaan orang dan menewaskan ratusan ribu orang. 

Menurutnya, vaksin sangat dibutuhkan untuk menghilangkan penyebaran virus corona. Tanpa vaksin atau jika hanya mengandalkan tindakan pengendalian seperti jaga jarak (social distancing), maka virus corona susah untuk dihilangkan. 

"Keterhubungan global itu artinya meningkatkan risiko penularan, dan kebangkitan Covid-19 akan terus berlanjut," katanya.

Terkait dengan itu, WHO menyebut bahwa saat ini ada 70 vaksin virus corona yang tengah dalam tahap pengembangan. Dari 70 vaksin tersebut, seperti dilaporkan laman South China Morning Post, tiga vaksin di antaranya sudah diuji coba ke tubuh manusia.

Ketiga vaksin yang sudah diuji ke manusia itu diuji oleh perusahaan CanSino Biologics Inc dan Beijing Institute of Biotechnology, produsen obat Amerika Serikat Moderna Inc, dan Inovio Pharmaceuticals Inc. 

Pengembangan vaksin biasanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 tahun. Namun karena dikembangkan dengan cepat, sejumlah perusahaan yakin bisa menyelesaikan vaksin virus corona sesegera mungkin. 

10 kali lipat lebih mematikan dari flu babi 

WHO juga menyatakan bahwa virus corona lebih mematikan 10 lipat dibandingkan dengan flu babi (H1N1) yang mewabah pada 2009 lalu. Pada saat itu flu babi menewaskan 18.500 orang. Menurut lembaga kesehatan Lancet, korban jiwa akibat flu babi mencapai 151.700 hingga 575.400 orang.

Flu babi pertama kali mewabah di Amerika Serikat dan Meksiko pada Maret 2009. Dari situ, flu babi kemudian menyebar ke Asia Tenggara dan Afrika. Pada Agustus 2020, pandemi flu babi dinyatakan selesai.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 8395493004797543926

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item