Kapan Waktu yang Tepat untuk Menerapkan ‘New Normal’ di Indonesia?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menerapkan ‘New Normal’ di Indonesia? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pemerintah tengah menyiapkan protokol untuk mengatur "new normal" atau situasi normal baru di tengah penambahan kasus Covid-19 yang masih mencapai ratusan orang per hari. Mulai dari tata cara beribadah sampai langkah masuk ke restoran akan diatur. Provinsi Bali, Yogya, dan Kepulauan Riau, jadi proyek percontohan pertama.

Dalam pengantar sebelum rapat terbatas, Senin (18/05), Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah baru menyiapkan skenario pelonggaran PSBB.

"Yang kita siapkan baru rencana atau skenario pelonggaran yang akan diputuskan setelah timing yang tepat dan melihat fakta, data-data di lapangan," kata Presiden Jokowi. "Biar semua jelas. Kita harus hati-hati, jangan keliru kita memutuskan."

"Saya tegaskan belum ada kebijakan pelonggaran PSBB. Karena muncul, keliru di masyarakat bahwa pemerintah mulai melonggarkan PSBB. Belum. Belum ada kebijakan pelonggaran," katanya.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah tengah mempersiapkan sistem penilaian dari sisi epidemiologi, kesiapan daerah dan standar prosedur jika suatu daerah akan menerapkan aturan tatanan hidup normal baru.

Penilaian tersebut ditentukan berdasarkan beberapa faktor, di antaranya adalah angka reproduksi dasar penyakit (R0) kurang dari satu, atau memiliki tingkat penularan yang rendah.

"Beberapa hari ini, kami akan menyiapkan mekanisme penilaian yang dilakukan. Baik itu berdasarkan perhitungan epidemiologi berbasis R0 maupun kesiapan daerah terkait dengan perkembangan penyakit, pengawasan virus, kapasitas kesehatan, juga tingkat kedisiplinan masyarakat, maupun respons publik terhadap cara bekerja atau bersosialisasi di situasi normal baru," tambah Airlangga.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 510274859610384770

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item