Mengenal Neraka Hawiyah dan Calon Penghuninya di Akhirat

Mengenal Neraka Hawiyah dan Calon Penghuninya di Akhirat, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Disebutkan dalam banyak riwayat bahwa neraka Hawiyah merupakan tingkatan neraka yang paling bawah. Disebutkan pula bahwa orang-orang munafik akan menjadi calon penghuni neraka ini.

Sebab, dijelaskan dalam Al-Quran, "Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. (Q.S. al-Nisa’ [4]: 145). Orang munafik adalah orang-orang yang ikrar beriman, beramal seperti orang-orang yang beriman, namun hatinya adalah hati orang-orang yang kufur.

Ada pula riwayat yang menyebutkan, pada suatu ketika Nabi saw. bertanya tentang para penduduk setiap tingkatan neraka, Malaikat Jibril menjawab, “Pintu paling bawah disebut Hawiah. Ia dihuni orang-orang munafik, sebagaimana firman Allah, ‘Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka.’ (Q.S. al-Nisa’ [4]: 145).

“Pintu kedua disebut Jahim. Ia dihuni orang-orang musyrik. Pintu ketiga disebut Saqar. Ia dihuni orang-orang murtad. Pintu keempat disebut Lazha. Ia dihuni oleh iblis dan para pengikutnya dari kaum Majusi. Pintu kelima disebut Huthamah. Ia dihuni oleh kaum Yahudi. Pintu keenam disebut Sa‘ir. Ia dihuni oleh kaum Nasrani.”

Setelah itu, malaikat Jibril diam. Ditanya oleh Nabi saw., “Mengapa engkau tidak bercerita kepadaku tentang para penghuni pintu ketujuh?”

Malaikat menjawab, “Wahai Muhammad, jangan kau tanya aku tentangnya.”

Namun, Nabi terus mendesak. Akhirnya Jibril mau buka jawaban, “Pintu itu dihuni oleh para pelaku dosa besar dari kalangan umatmu. Mereka meninggal, dan tak sempat bertaubat.” 

Related

Moslem World 3279242818779641002

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item