Mudik Saat Pandemi Corona akan Menambah Beban Moral Orang Tua di Kampung

Mudik Saat Pandemi Corona akan Menambah Beban Moral Orang Tua di Kampung, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Umat Islam di Indonesia merayakan Idul Fitri 1441 H pada Minggu (24/5) dengan suasana berbeda karena pandemi virus corona. Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik ke kampung halaman.

Dia menyebut mudik akan memberikan beban moral kepada orang tua di kampung halaman. Ia khawatir orang tua akan dikucilkan tetangga, karena anaknya mudik dan berpotensi membawa virus corona.

"Lebih baik kita tidak mudik. Kalau kita mudik sekarang, kasihan, memberikan beban moral kepada orang tua kita. Banyak pengalaman di kampung akhirnya orang tuanya dikucilkan, tamunya (anaknya mudik) itu dari Jakarta, misalnya, kan," kata Nasaruddin dalam konferensi pers di BNPB.

"Ini gara-gara tetangga kita dari kota ini, kita was-was ini. Jadi kita kembali ke kota pun, orang tua kita masih dikucilkan itu. Jadi kalau kita pulang kampung sekarang, sangat membebani orang tua kita," lanjut dia.

Nasaruddin menuturkan, pulang kampung di tengah pandemi virus corona dapat membawa bahaya penularan virus ke keluarga. Untuk itu, ia meminta masyarakat menahan diri hingga penanganan virus corona sudah selesai.

"Jadi bukan membawa kebahagiaan tetapi membawa malapetaka, sabarlah sedikit. Mudah-mudahan kepergian bulan Ramadhan ini akan membawa serta COVID-19 pergi. Semoga kepergian Ramadhan juga menggulung habis virus corona, semoga ada keajaiban dari doa kita sekarang," kata dia.

Selain itu, Nasaruddin meminta masyarakat memanfaatkan teknologi untuk bertakbiran dan bersilaturahmi secara online. 

"Tidak perlu kita mudik, silahturahmi online banyak caranya, kita semua berpengalaman akhir-akhir ini. Bergabunglah dengan takbir online. Banyak itu fasilitasnya sekarang, takbiran digital, gema takbir di digital, lakukan semua dengan tradisi baru kita selama ini," pungkas dia.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 1668298486434798253

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item