Physical Distancing Akibat Corona ternyata Punya Dampak Besar Pada Manusia

Physical Distancing Akibat Corona ternyata Punya Dampak Besar Pada Manusia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mengaku jika aktivitas physical distancing berdampak besar pada kehidupan manusia, misalnya saja daya tahan tubuh seseorang. Selain itu, dampak lain dari physical distancing adalah membuat tekanan psikologis kepada masyarakat.

Ia kemudian memberi contoh tidak bisa beraktivitas di luar rumah dan berkumpul, hingga dampak kehilangan pekerjaan akibat wabah Corona.

"Saya akui, dampak physical distancing ini cukup dahsyat. Tidak hanya terkait dengan kehidupan di lingkungan sosial terkecil, di keluarga, tapi juga akibat dari kehilangan pekerjaan atau macetnya usaha, juga menambah tekanan psikologis," katanya, dalam video conference.

Seperti diketahui, pemerintah baru saja meluncurkan layanan Kesehatan Jiwa atau Sejiwa, untuk melayani masyarakat akibat pandemi Virus Corona COVID-19.

Layanan ini bisa diakses melalui sambungan telepon 119 ext.8. Nomor 119 sebelumnya juga sudah digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan mengenai virus mematikan tersebut.

Layanan Sejiwa ini hasil kolaborasi dari sejumlah kementerian dan lembaga (K/L), yaitu Kantor Staf Kepresidenan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (KPPA), Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Telkom, Infomedia, dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, Ririek Adriansyah, mengaku jika kontak 119 sudah banyak dikembangkan. Menurutnya, semua layanan menyangkut pelayanan COVID-19.

"Di contact center ini kami memberikan ext.0 terkait kedaruratan, baik itu medis dan non-medis. Mulai awal bulan Maret kemarin sudah beroperasi memenuhi kebutuhan Kemenkes, atas sistem penanggulangan kedaruratan terpadu," kata Ririek.

Saat ini, layanan tersebut dikembangkan untuk menangani kesehatan jiwa masyarakat Indonesia. Sejiwa akan memberikan informasi terkait penyakit dan dampak lain yang ditimbulkan karena pandemi Virus Corona COVID-19.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 3904919015894206731

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item