Sejarah Amerika Kuno Sebelum Lahirnya Negara Amerika Serikat

Sejarah Amerika Kuno Sebelum Lahirnya Negara Amerika Serikat, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Benua Amerika terdiri atas bagian utara, bagian tengah, dan bagian selatan. Ketiga bagian itu menjadi satu oleh rangkaian pegunungan tinggi yang menjulur dari utara ke selatan, seperti Rocky Mountains, pegunungan Amerika tengah, dan pegunungan Andes.

Terdapat tanah genting Pamana, dan sebagian besar di dataran rendah Missisippi di utara, dan Amazon di selatan. Diapit oleh dua samudera, yaitu samudera Pasifik di barat, dan samudera Atlantik di sebelah timur. Terdapat terusan Pamana dan air terjun Niagara.

Amerika Latin merupakan sebutan untuk negara-negara bagian dari benua Amerika di bagian selatan, tengah, dan india barat, yang  bersumber pada persamaan kultural, yaitu budaya Latin yang dibawa oleh penjajah dari benua Eropa, seperti bangsa Portugis dan Spanyol.

Amerika Tengah merupakan wilayah yang terletak batas-batas sebagai berikut: di sebelah utara dibatasi oleh Amerika Serikat, di sebelah selatan adalah Amerika Selatan, di sebelah timur adalah Samudra Atlantik, dan di sebelah barat adalah Samudra Pasifik.

Negara-negara yang termasuk wilayah Amerika Tengah adalah Meksiko, Panama, dan Kepulaun Antilla.

Amerika Selatan merupakan wilayah yang terletak pada batas-batas sebagai berikut: Sebelah utara dibatasi oleh Amerika Tengah, sebelah barat adalah Samudra Pasifik, di sebelah timur adalah Samudra Atlantik, di sebelah selatan adalah Papua Nugini, dan Pulau Irian Jaya.

Negara-negara yang termasuk wilayah Amerika Selatan meliputi: Argentina, Bolivia, Brasillia, Chili, Kolombia, Ekuador, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, Venezuella, Pulau Falkland, dan Guyana Prancis.

Luas wilayah Amerika Latin adalah 8.500.00 mil atau 3 kali luas Amerika Serikat. Menurut D.K. Kolit, di seluruh Amerika Latin terdapat 22 negara, dan di antaranya 20 daerah berbentuk republik, 2 negara menjadi anggota British Commonwealth of nations, 1 berbentuk self government Commonwealth, yaitu Puerto Rico, dan selebihnya masih berupa daerah-daerah jajahan negara-negara Eropa.

Sebagian besar negara di Amerika Latin berbahasa dan berbudaya Spanyol dan Portugis, Haiti merupakan republik di Amerika Latin yang berbahasa dan berbudaya Prancis. Jamaika dan Trinidad–Tabago berbahasa dan berbudaya Inggris.

Jamaica merdeka pada 6 Agustus 1962, sedangkan Trinidad-Tabago merdeka pada 3 Agustus 1962, demikian keadaan Amerika Latin hingga tahun 1962.

Bangsa asli Amerika Latin (Amerika Kuno) adalah para imigran dari Asia yang berimigrasi ke Benua Amerika, sekitar tahun 20.000 sebelum Masehi dari Siberia ke Alaska, sewaktu masih terdapat jalan darat.

Meksiko melintasi Amerika tengah, dan tiba di Amerika Selatan. Akhirnya jalan darat Siberia-Alaska terputus pada zaman es, dan timbul sebuah selat yang sekarang dikenal sebagai selat Baring.

Dalam perkembangan dari abad ke abad berikutnya, jauh sebelum kadatangan Christoporus Colombus, para imigran yang berasal dari Asia akhirnya berkembang menjadi bangsa-bangsa baru seperti Indian dan Eksimo di Kanada dan Amerika Serikat, bangsa Toltec dan Aztec di Meksiko, bangsa Maya di Amerika Tengah, bangsa Inca di Peru, bangsa Chibcha di Kolombia, bangsa Aurecanai di Chili, dan bangsa Patagonia di Argentina.

Berdasarkan hasil penggalian arkeologi, dapat diketahui bahwa jauh sebelum kedatangan orang-orang Eropa, bangsa-bangsa asli di Amerika sudah memiliki peradaban yang timggi. Bangsa-bangsa di Amerika Latin kuno yang memiliki peradaban tinggi adalah bangsa Maya, bangsa Aztec, bangsa Inca.

Related

Science 7686439694067349361

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item