Sejarah Nigeria, dari Zaman Perang Saudara Sampai Era Modern

Sejarah Nigeria, dari Zaman Perang Saudara Sampai Era Modern, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Negara yang terletak di Afrika Barat ini adalah sebuah negara federal, yang terdiri dari beberapa negara bagian dan satu teritorial. Nigeria berbatasan dengan Benin di barat, Chad dan Kamerun di sebelah timur, Niger di sebelah utara, dan Teluk Guinea yang menghadap ke Samudra Pasifik di sebelah selatan.

Sejarah Nigeria mencatat, negara yang kaya minyak ini pernah terlibat perang saudara selama 30 tahun.

Sejarah Singkat 

Republik Federal Nigeria mendapatkan kemerdekaan dari Inggris, pada 1 Oktober 1960. Disebabkan oleh banyaknya disequilibrium dan korupsi pada proses pemilihan umum dan politik, pada 1966 terjadi kudeta militer di negara ini.

Pada Mei 1967, bagian timur Nigeria menyatakan kemerdekaan, sesuai keinginan rakyatnya. Bagian itu kemudian bernama Republik Biafra.

Setelah bagian timur merdeka, perang pun terjadi antara bagian barat dan utara. Nigeria menyerang Republik Biafra. Perang ini berlangsung selama 30 bulan. Perang ini mengakibatkan lebih dari satu juta orang meninggal.

Nigeria kembali menjadi negara demokrasi pada 1999, dengan terpilihnya Olusegun Obasanjo, mantan kepala militer, sebagai presiden baru Nigeria.

Geografi dan Penduduk 

Nigeria terletak di barat Afrika. Negara seluas 923.768 km2 ini ada dalam urutan ke 32 negara-negara terbesar dunia. Negara ini berbatasan langsung dengan Benin, Chad, dan Kamerun, serta memiliki garis pantai sepanjang 853 kilometer menghadap langsung ke Samudra Pasifik.

Daerah bagaian selatan beriklim hutan hujan tropis, dan bagian utara masuk ke dalam iklim hujan. Nigeria memiliki sungai, lembah, dan padang rumput atau savanna, hampir di setiap sudut negara.

Menurut perkiraan PBB, Nigeria adalah negara terpadat di Afrika, dengan jumlah penduduk 154.729.000 jiwa. Nigeria juga menjadi salah satu negara dengan ledakan penduduk paling tinggi di dunia.

Pada 1950, jumlah penduduk Nigeria hanya 33 juta jiwa. Nigeria memberikan pendidikan gratis bagi penduduknya, namun peminat pendidikan gratis masih sangat rendah.

Nigeria memiliki sekitar 250 suku dengan berbagai bahasa dan adat. Bahasa resmi Nigeria adalah bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, Nigeria juga menggunakan tiga bahasa daerah yang mewakili tiga suku terbesar di sana.

Penduduk Nigeria 50.4% menganut agama Islam, 48.2% menganut agama Kristen, dan sisanya penganut agama lain.

Isu Kemanusiaan 

Meskipun termasuk negara yang cukup kaya karena mendapatkan penghasilan besar dari hasil penambangan minyak, tindakan kriminal atau kejahatan sering terjadi di negara ini. Selain itu, ketegangan antara kelompok etnis di Nigeria sering terjadi, terutama semenjak pecahnya perang sipil pada 1967.

Nigeria juga menjadi salah satu tempat bersarangnya kejahatan terorganisir atau mafia, terutama dalam hal penjualan narkoba. Pembajakan juga terjadi di Nigeria, yang menyerang kapal-kapal milik perusahaan penambangan minyak di Delta Niger. Sejak Januari 2007 hingga Oktober 2007, terhitung sekitar 26 pembajakan terjadi.

Related

History 366093460098717454

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item